KPU Riau buka penjaringan 5.586 PPS hadapi Pemilu 2024

id PPS pemilu, KPU, Riau,buka, penjaringan ,5.586 PPS ,kebutuhan Pemilu 2024

KPU Riau buka penjaringan 5.586 PPS hadapi Pemilu 2024

Pemilihan Umum serentak tahun 2024. (ANTARAIlustrator Abdullah Rifai)

Pekanbaru (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau membuka penjaringan bagi 5.586 Panitia Pemungutan Suara (PPS) guna kepentingan Pemilihan serentak tahun 2024.

"Dengan jumlah desa/kelurahan di Riau sebanyak 1.862 berarti, kebutuhan PPS tiga orang per desa/kelurahan maka diperlukan 5.586 orang PPS," kata Ketua Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Kota PekanbaruYelli Nofiza di Pekanbaru, Sabtu.

Secara resmi KPU Riau akan membuka pendaftaran bagi yang berminat untuk menjadi PPS tingkat kelurahan mulai Sabtu (18/12) hingga Selasa (27/12).

Ini tahapan lanjutan Pemilu 2024, setelah menuntaskan seleksi penerimaan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) beberapa pekan lalu.

Ia menyebutkan, pendaftaran PPS dilakukan secara online. Pendaftaran PPS Pemilu 2024 dilakukan melalui sistem teknologi informasi berbasis web yang disebut Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc atau SIAKBA.

"Sama dengan seleksi penerimaan calon PPK, penerimaan calon PPS pendaftaran juga dilakukan secara online lewat web SIAKBA. Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs https://siakba.kpu.go.id. Bagi yang berminat dan tidak terakomodir di PPK silahkan mendaftar di PPS tingkat kelurahan," jelas Yelli.

Yelli mengatakan, bagi masyarakat yang mengalami kesulitan dapat mendatangi langsung kantor KPU Pekanbaru di Jalan Parit Indah. "Kita menyediakan help desk untuk membantu masyarakat yang mengalami kesulitan dalam pendaftaran secara online. Bisa berkonsultasi ke petugas di help desk jika menemukan kendala," ungkap Yelli.

Ia mengatakan untuk Pekanbaru, jumlah PPS akan ditempatkan di 83 kelurahan di Pekanbaru.

Total kebutuhan PPS di Pekanbaru adalah 498. Dimana 249 orang akan dilantik. Sedangkan sisanya dipersiapkan sebagai calon pergantian antar waktu (PAW).

"Jadi masing-masing kelurahan disiapkan 3 orang plus 3 calon PAW," tutur Yelli.