UMRI kunjungi Program DMPA PT Arara Abadi-APP Sinar Mas

id Berita hari ini, berita riau antara,berita riau terbaru, Sinar Mas

UMRI kunjungi Program DMPA PT Arara Abadi-APP Sinar Mas

Sejumlah pmpinan, dosen dan mahasiswa UMRI berfoto bersama sebelum melihat Program DMPA PT Arara Abadi-APP Sinar Mas (ANTARA/HO-APP)

Perawang (ANTARA) - Sebanyak 60 orang dari civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) yang terdiri dari dekan, dosen dan mahasiswa melihat langsung implementasi Program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) dan Program Community Development/Corsporate Social Responsibility (CD/CSR) di Desa Pinang Sebatang Kecamatan Tualang-Perawang dan Rasau Kuning Kecamatan Minas Kabupaten Siak, Kamis beberapa hari lalu.

DPMAitu digagas PT Arara Abadi yang merupakan salah satu unit usaha dari Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas di wilayah Riau.

Rombongan dari UMRI dipimpin langsung Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Jayusdan Raja Widya Novchi.

Public Relations PT Arara Abadi-APP Sinar Mas Ir Nurul Huda dan Tim DMPA/CD-CSR Kiswanto dan Miswantomenerima langsung rombongan tersebut.

Dengan menggunakan angkutan darat, rombongan dari UMRI menyusuri Kawasan HTI (Hutan Tanaman Industri) dari PT Arara Abadi menuju lokasi masyarakat penerima program DMPA dan Program CD/CSR PT Arara Abadi, di antaranya masyarakat program holtikultura, sayur-sayuran dan buah-buahan, peternakan sapi dan perikanan.

Di sela kunjungan itu, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Riau Jayus SSos MIKom mengatakan field trip atau kuliah lapangan mahasiswa Program Studi Hubungan Masyarakat yang diampu dosen Raja Widya Novchirelevan untuk memberikan gambaran praktikal tentang program Desa Makmur Peduli Api dan Corporate Social Responsbility di PT Arara Abadi APP Sinar Mas.

"Sebelumnya di kelas mahasiswa hanya mendapatkan teori dari buku-buku rujukan. Maka field trip ini tentunya melengkapi teori dan praktik" jelas Jayus

Jayus mengucapkan terimakasih untuk manajemen PT Arara Abadi APP Sinar Mas yang sudah memberikan kesempatan mengamati pelaksanaan program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) dan CD /CSR ini. "Ke depan, pelaksanaan fielp trip seperti ini akan terus kita upayakan pada mata kuliah lainnya," ujarnya.

Secara terpisah, Rektor UMRI Dr H Saidul Amin MA mengatakan kunjungan dan pengamatan langsung ini dapat menjadi langkah awal bagi mahasiswa untuk mengenal dunia kerja. Mahasiswa diajarkan konsep teoritis yang di kelas, namun mesti diimbangi dengan realitas praktis di lapangan.

Dan, hubungan yang sudah terjalin baik selama ini dengan unit usaha APP Sinar Mas di Riau baik pada PT Arara Abadi maupun PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbkselama ini ke depannya dapat lebih terjalin erat dan kuat lagi.

"UMRI telah siap menyiapkan kebutuhan perusahaan untuk menghasilkan SDM yang berkualitas dan kompetitif yang nantinya yang akan dibutuhkan oleh APP Sinar Mas," papar Rektor.

Sementara Nurul Huda yang mewakili manajemen PT Arara Abadi menyambut baik kunjungan dari Tim UMRItersebut.

“Kami perusahaan sangat menyambut baik atas kunjungan pimpinan, dosen dan mahasiswa dari UMRI ini yang telah melihat secara langsung langkah-langkah dan perusahaan di dalam pencegahan Karhutla (kebakaran hutan dan lahan) di Riau sekaligus memberdayakan serta meningkatkan perekonomian masyarakat melalui Program CD/CSR di sekitar areal konsesi perusahaan.

Menurutnya, pencegahan dan penanganan Karhutla tidak hanya menjadi tanggung jawab satu pihak saja, akan tetapi tekat dari perusahaan Arara Abadi berkolaborasi dengan semua pihak harus dijadikan satu agar Riau bebas Asap dan Karhutla. Ini sekaligus juga mengingatkan bahwa dalam usaha membuka/membersihkan lahan baik perusahaan maupun masyarakat tidak harus melalui praktek membakar untuk membersihkan lahan.

"Usaha-usaha pembukaan/pembersihan lahan tanpa bakar (PLTB) juga bisa dilakukan masyarakat juga pihak lainnya, sekaligus meningkatkan hasil perekonomian masyarakat dan pihak lainnya," kata Nurul Huda mengakhiri.