Bupati lepas 36 CJH dari keluarga besar PGRI Siak

id Bupati, Siak, Haji, PGRI,Haji siak

Bupati lepas 36 CJH dari keluarga besar PGRI Siak

Bupati Siak bersama CJH PGRI. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Bupati SiakAlfedri melepas 36 Jamaah Calon Haji dari keluarga besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Siak menuju Tanah Suci Mekkah yang terdiri dari guru, suami dan istri guru.

"Ada 107 JCH di Siak yang diberangkatkan tanggal 23 Juni ke Pekanbaru laku 24 Juni ke Batam langsung ke Jeddah. 36 dari PGRI ini cukup banyak dari total JCH Siak," kata Alfedri saat pelepasan di Kantor Bupati Siak, Kamis.

Dia mengatakan dari Indonesia ada 107 ribu CJH dan total satu juta berkumpul di Mekkah. Maka dari itu dia berpesan agar melaksanakan rukun dan sunnah haji dengan baik serta kesehatan perlu dipersiapkan dan dijaga dengan baik.

Kesehatan perlu dijaga baik itu pola makan dan istirahat karena suhu sekarang di sana 46 derajat. Namun kadangkala juga ekstrem perubahan dengan pada saat malam bisa saja menjadi sangat dingin.

Alfedri meminta juga agar manajemen waktu diperhatikan seperti saat mencari tempat salat atau pun ibadah hajinya. Seperti kalau mau di pelataran kalau bisa masuk pukul 10.00 WIB dan juga datang lebih awal datang ketika mau solat lima waktu.

Sementara itu, Ketua PGRI Siak, Arfan Usman mengatakan benar bahwa ada sekitar 36 orang dari guru suami atau istri guru. Dia bersyukur tahun ini diberi kesempatan memenuhi panggilan ke Tanah Suci Mekah.

"Setelah dua tahun terakhir kita tak dapat laksanakan haji karena pandemi COVID-19.Kami atas nama keluarga besar PGRI kabupaten Siak turut mendoakan bapak ibu JCH) diberikan kemudahan dan kelancaran dalam melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan ibadah haji," ujarnya yang juga Sekretaris Daerah Pemkab Siak ini.

Pada pelepasan itu turut hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak, Erizon Efendi. Dikatakannya bahwa saat ini persiapan haji sudah dilakukan baik secara administrasi maupun kesehatan telah dilakukan vaksinasi.