Senin (7/2) ekonomi membaik hingga level PPKM naik

id ppkm jabodetabek,ppkm level 3,luhut pandjaitan,pertumbuhan ekonomi,ekonomi indonesia,bps

Senin (7/2)  ekonomi membaik hingga level PPKM naik

Ilustrasi: Sejumlah calon penumpang menunggu rangkaian gerbong kereta rel listrik (KRL) Commuter Line Jabodetabek tiba di Stasiun KA Tanah Abang, Jakarta, Rabu (5/1/2022). Kondisi stasiun tersebut terpantau padat penumpang saat jam pulang kerja di tengah kembali ditetapkannya status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2 di Jakarta oleh pemerintah. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Senin (7/2) mulai dari perekonomian Indonesia sepanjang 2021 berhasil tumbuh 3,69 persen hingga PPKM wilayah Jabodetabek naik ke level 3.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Ekonomi RI 2021 tumbuh 3,69 persen

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat perekonomian Indonesia secara kumulatif sepanjang 2021 berhasil tumbuh positif mencapai 3,69 persen, atau lebih baik dibandingkan 2020 yang mengalami kontraksi 2,07 persen.

“Ekonomi Indonesia triwulan IV-2021 tumbuh 1,06 persen (qtq) dan kalau saya bandingkan dengan triwulan IV-2020 tumbuh 5,02 persen (yoy) sedangkan secara kumulatif artinya selama 2021 tumbuh 3,69 persen,” kata Kepala BPS Margo Yuwono.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Penerimaan PPN produk digital Rp5,03 triliun

Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Kepatuhan Pajak Yon Arsal menyebutkan penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE) atas produk digital telah mencapai Rp5,03 triliun sejak 2020 sampai 31 Januari 2022.

"Dari sejak implementasinya pada 2020 sampai sekarang, sudah ada 98 PMSE yang kami tunjuk secara bertahap dan nanti akan kami evaluasi secara terus-menerus," ucapnya.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Perjalanan luar negeri bisa lewat Bandara Soekarno-Hatta

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan koreksi dalam Surat Edaran (SE) Nomor 11 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Luar Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Covid-19.

Dalam koreksi tersebut, Kemenhub menambah Bandara Soekarno-Hatta (Banten) sebagai salah satu pintu masuk (entry point) bagi WNI dan WNA pelaku perjalanan luar negeri dengan tujuan wisata.

Berita selengkapnya klik di sini



4. Sebanyak 100 Kampung Madani akan dibangun

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menargetkan pembangunan 100 Kampung Madani di seluruh Indonesia pada 2022, termasuk di Dusun Kuri Caddi, Desa Nisombalia, Kabupaten Maros.

Kampung Madani merupakan program untuk mendorong potensi lokal desa agar dapat dikembangkan secara mandiri dan dikenal oleh masyarakat luas.

Berita selengkapnya klik di sini

5. PPKM Jabodetabek naik level 3

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Jawa Bali Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan sejumlah wilayah aglomerasi termasuk Jabodetabek naik ke level 3 PPKM.

"Berdasarkan level asesmen saat ini, kami sampaikan bahwa aglomerasi Jabodetabek, DI Yogyakarta, Bali, Bandung Raya, akan ke level 3,” katanya.

Berita selengkapnya klik di sini