Panen raya di Siak Kecil, Kasmarni minta perkuat sektor pertanian

id pemkab,Bengkalis,kasmarni,kabupaten,kecamatan,Siak kecil,panen raya,Bupati bengkalis

Panen raya di Siak Kecil, Kasmarni minta perkuat sektor pertanian

Bupati Bengkalis didampingi anggota DPRD melakukan panen raya padi di Desa Tanjung Belit Kecamatan Siak Kecil, Senin (31/1). (ANTARA/HO-Prokopim)

Bengkalis (ANTARA) - Bupati Bengkalis Kasmarni mengharapkan agar dalam kegiatan panen raya di Kecamatan Siak Kecil dapat memperkuat pembangunan sektor pertanian, khususnya padi yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan para petani.

“Padi merupakan salah satu prioritas yang akan terus kita kembangkan di Kabupaten Bengkalis, karena telah menjadi misi kami, melalui pengelolaan potensi sumber daya alam yang efektif dalam memajukan perekonomian” sebagai bagian dari upaya untuk mencapai visi dan misi,“ ujar Kasmarni dalam acara panen raya padi di Desa Tanjung Belit Kecamatan Siak Kecil, Senin.

Selain itu, kata Kasmarni, kegiatan Demonstration Plot Sekolah Lapangan atau yang lebih dikenal dengan istilah Demplot-SL ini, untuk dapat dilaksanakan secara berkelanjutan, sehingga dapat menjadi contoh kepada masyarakat.

'Saya minta metode Demplot-SL ini sebaiknya tetap dilaksanakan diseluruh wilayah pertanian kita. karena cenderung lebih membekas di ingatan para petani ketimbang penyuluhan biasa tanpa menggunakan metode demonstrasi,"pinta Kasmarni.

Bupati juga berharap kepada seluruh lapisan masyarakat di Desa Tanjung Belit untuk selaluberkoordinasi dengan penyuluh pertanian lapangan maupun petugas hama penyakit untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan tanaman di lapangan.

"Yang terpenting, jangan melakukan alih fungsi lahan pertanian, karena hal tersebut dapat mengurangi jumlah produksi padi dan tentunya akan mempengaruhi kecukupan kebutuhan pangan di daerah kita,” harap Kasmarni

Selain melaksanakan panen raya, Bupati juga menyerahkan kartu tani yang berguna untuk membantu dan mempermudah para petani dalam mengembangkan usaha taninya serta dapat lebih optimal dalam peningkatan hasil produksi pertaniannya.