BPS Kuantan Singingi Siapkan Sensus Pertanian

id bps kuantan, singingi siapkan, sensus pertanian

BPS Kuantan Singingi Siapkan Sensus Pertanian

BPS Kuantan Singingi Siapkan Sensus Pertanian

Taluk Kuantan, (antarariau.com) - Kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, menyiapkan 420 tenaga sensus yang akan mendata seluruh usaha pertanian guna menghasilkan gambaran struktur terkini.

"Sensus pertanian merupakan program nasional dan dilaksanakan pada 1-31 Mei 2013 dengan tema 'Menyediakan Informasi untuk Masa Depan Petani yang Lebih Baik'," ujar kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Jasril di Kuansing, Rabu.

Petugas sensus pertanian itu diharapkan dapat menjangkau seluruh kecamatan di Kuansing hingga bisa diperoleh data pertanian secara komprehensif.

Sebelum ke lapangan, para petugas diberi pembekalan dan pelatihan sehingga dalam menjalankan tugas bisa lancar serta memperoleh semua informasi yang diperlukan.

Kantor BPS Kuansing dan mitra yang akan dijadikan petugas Sensus Pertanian 2013 melakukan penyematan PIN dan penyerahan buku panduan kampanye ST2013. Lalu, dilanjutkan pembagian stiker kepada setiap kendaraan yang melintas di jalan raya, sehingga program yang akan dilaksanakan ini dapat diketahui oleh seluruh masyarakat Kuansing.

"BPS Kuansing akan melaksanaan sensus di 15 kecamatan dengan menempatkan 420 petugas di 229 desa/Kelurahan. Kita harapkan semua data yang diperlukan petugas sensus bisa dilaporkan oleh pelaku usaha pertanian dengan benar dan tidak ada data yang disembunyikan," ujarnya.

Sedangkan cakupan dari sensus ini adalah tanaman pangan, hortikultura (sayuran, buah-buahan, tanaman hias dan tanaman obat). Selain itu, perkebunan, peternakan, perikanan dan kehutanan, baik pada rumah tangga, perusahaan, maupun pesantren, lembaga permasyarakatan, kelompok usaha bersama dan barak militer.

"Tidak perlu takut memberikan data, karena apa yang didapat hanya untuk kepentingan sensus bukan untuk keperluan lain," ujarnya.

Ia menyatakan sebentar lagi kegiatan sensus pertanian akan memasuki tahap paling penting, yaitu pencacahan di lapangan.

BPS telah lima melakukan sensus pertanian yaitu pada 1963, 1973, 1983, 1993, dan 2003. (Asriprilyadi)