KPP Pratama Pangkalan Kerinci kembangkan potensi UMKM secara digital

id Kkp pangkalan kerinci, pelalawan, djp riau

KPP Pratama Pangkalan Kerinci kembangkan potensi UMKM secara digital

Pelaku UMKM di Kabupaten Pelalawan yang mengikuti pelatihan. (ANTARA/HO-KKP)

Pekanbaru (ANTARA) - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pangkalan Kerinci bersama Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Perindustrian Perdagangan Kabupaten Pelalawan mengundang 47 UMKM yang berada di Kabupaten Pelalawan untuk mengikuti kegiatan Business Development Services (BDS), Selasa (14/12).

Kegiatan yang mengusung tema “Memperluas Pasar UMKM melalui Digital dan Internet Marketing & Kebijakan membahas pentingnya mengenal internet marketing, praktek menggunakan email business serta belajar mengenai dasar-dasar perpajakan seperti pengenalan tarif pengusaha dengan omset di bawah Rp4,8 miliar setahun (UMKM) yaitu setengah persen (0,5 persen), imbauan untuk mendaftarkan NPWP, melaporkan SPT dan membayar pajak.

Kepala KPP Pratama Pangkalan Kerinci Anung Setia Nugraha dalam sambutannya menyebutkan penyelenggaraan BDS ini sebagai bentuk tanggung jawab sosial Direktorat Jenderal Pajak (DJP) terhadap masyarakat yaitu meningkatkan kemampuan para pengusaha khususnya UMKM sebagai pemenuhan fungsi pelayanan dan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Perindustrian Perdagangan Kabupaten Pelalawan, Mahnizar mengungkapkan terima kasih kepada KPP Pratama Pangkalan Kerinci karena telah mengumpulkan para UMKM dan merasa sangat bangga.

Ditambahkannya, kegiatan ini selaras dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Pelalawan yaitu UMKM dan Pengembangan Industri serta berharap program ini akan dilaksanakan berkelanjutan.

Diharapkan dengan terselenggaranya Business Development Services ini, para UMKM di Kabupaten Pelalawan memiliki peningkatan kemampuan akan kesadaran pajak (patuh pajak), mulai melaporkan usahanya, dan mendaftar NPWP dengan layanan Perpajakan yang telah disediakan, pungkasnya.