BSI Hasanah Card gandeng Bank Riau Kepri

id Brk, bank riau kepri

BSI Hasanah Card gandeng Bank Riau Kepri

Suasana. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) memacu bisnis kartu pembiayaan BSI Hasanah Card dengan menggandeng Bank Riau Kepri guna memperluas layanan dan jaringan bisnis di wilayah Sumatera.

Kerja sama ini meliputi co-branding BSI Hasanah Card dengan desain khusus Bank Riau Kepri yang nantinya dapat dinikmati oleh nasabah Bank Riau Kepri (BRK).

Wakil Direktur Utama 1 BSI, Ngatari mengatakan adanya kerja sama ini diharapkan semakin menguatkan posisi BSI melalui sinergi dengan seluruh pihak dalam membangun perekonomian syariah di Indonesia.

Bank Syariah Indonesia optimis bahwa ekosistem halal harus dibangun sebagai gaya hidup yang melekat di masyarakat, diantaranya melalui berbagai produk dan layanan keuangan syariah yang lengkap dan memenuhi semua kebutuhan masyarakat.

“Untuk memudahkan masyarakat, BSI Hasanah Card bekerja sama dengan berbagai merchant halal dan dapat digunakan baik di dalam maupun di luar negeri. Selain itu, BSI Hasanah Card juga memiliki fitur Smart Sadaqah yaitu pembayaran shadaqah rutin melalui LAZ yang bekerja sama dengan BSI”, ujar Ngatari dalam acara peluncuran co-branding BSI Hasanah Card dengan Bank Riau Kepri.

Bank Riau Kepri menjadi Bank pertama yang digandeng BSI dalam kerjasama co-branding BSI Hasanah Card. Grand launching kerja sama co-branding Hasanah Card ini juga merupakan salah satu kelanjutan dari Nota Kesepahaman antara BSI dan Bank Riau Kepri tentang kerja sama bisnis dan transfer knowledge yang ditandatangani pada 15 Oktober 2021 lalu.

Kartu pembiayaan co-branding ini menjadi salah satu produk turunan dari BSI Hasanah Card, yang juga terafiliasi dengan seluruh sistem kartu pembiayaan BSI Hasanah Card. Pada tahap awal co-branding BSI Hasanah Card dan Bank Riau Kepri, BSI menargetkan akuisisi 1.000 kartu.

Angka tersebut diharapkan terus bertambah seiring dengan minat masyarakat terhadap kartu pembiayaan halal yang trennya meningkat. Sejak BSI mulai beroperasi pada 1 Februari 2021, volume transaksi BSI Hasanah Card mencapai Rp94,93 miliar hingga November 2021.

BSI mencatat kartu pembiayaan BSI Hasanah Card terus tumbuh dengan berbagai keunikan tersendiri sebagai sahabat finansial dan spiritual yang memfasilitasi masyarakat dalam berbagai layanan.

Mulai dari layanan smart sadaqah untuk ZISWAF, smartbill untuk pembayaran air, listrik, TV berlangganan, smart spending dan promo menarik di berbagai e-commerce. BSI Hasanah Card juga terus berinovasi dalam hal koneksi pembayaran melalui BSI Mobile dan E-commerce.

Selain kerjasama Hasanah Card, ruang lingkup layanan jasa dan produk perbankan syariah yang disepakati akan dikerjasamakan pada saat itu mencakup treasury, internasional, commercial / trade finance, remittance, custodian, joint financing / sindikasi, dana pensiun, bank notes, dan pembukaan rekening nostro/vostro.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank Riau Kepri Andi Buchari menyampaikan Bank Riau Kepri berkomitmen menjadi bagian sinergi dengan BSI untuk menumbuhkan ekosistem halal di Sumatera.

"Kami optimis kartu pembiayaan Hasanah Card menjadi pilihan masyarakat dan target 1.000 Cardholder akan tercapai untuk di daerah provinsi Riau dan Kepri," kata Andi Buchari.

Selanjutnya, Bank Riau Kepri juga siap melebarkan sayap bisnis, dimana saat ini proses perubahan menjadi Bank Umum Syariah Riau Kepri sedang dalam tahap akhir dari OJK.

"Mudah-mudahan dengan usaha dan doa bersama diharapkan proses perizinan menjadi Bank Umum Syariah dapat segera terealisasi dalam waktu dekat," kata Andi Buchari.

Kerja sama co-branding BSI Hasanah Card ini merupakan salah satu milestones Bank Riau Kepri untuk menyiapkan rencana konversi perusahaan di tahun 2022. Bank Riau Kepri dipilih sebagai mitra strategis melihat pertumbuhan bisnis yang sehat.

Bank Riau Kepri per September 2021 mencatat kinerja yakni total asset sebesar Rp 29,9 triliun, total dana sebesar Rp 25,3 triliun, total outstanding kredit dan pembiayaan sebesar Rp 18,8 triliun, total nasabah dana sebanyak lebih dari 1,1 juta nasabah dan total nasabah pembiayaan sebanyak 127 ribu nasabah.

Sementara itu, hingga kuartal III/2021, BSI mampu membukukan laba bersih sebesar Rp2,26 triliun. Raihan itu naik 37,01 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2020 sebesar Rp1,65 triliun.

BSI menjadi bank peringkat ketujuh dengan aset terbesar di Tanah Air yaitu mencapai Rp251 triliun. Walaupun demikian dengan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK), peringkat BSI ada di urutan yang sama dengan nilai mencapai Rp219 triliun.

Hadir dalam peluncuran co-branding BSI Hasanah Card dengan Bank Riau Kepri, SEVP Financing Risk & Special Asset Management BSI Babas Bastaman, SEVP Consumer Business BSI Wawan Setiawan.

Adapun pejabat Bank Riau Kepri yakni Komisaris Utama Syahrial Abdi, Direktur Utama Andi Buchari, Direktur Kepatuhan Fajar Restu Febriansyah, Pindiv Konsumer Imran, dan Pindiv Penyelamatan & Penyelesaian Kredit Kredit M. Jazuli, Pindiv Syariah M.Azwizar Hendri serta jajaran Pemimpin Cabang Dan Capem Wilayah Kepulauan Riau.