Permudah layanan keuangan, Pemkab Natuna gandeng Bank Riau Kepri

id Brk, bank riau kepri, pemkab natuna

Permudah layanan keuangan, Pemkab Natuna gandeng Bank Riau Kepri

Proses penandatanganan MoU antara BRK dan Pemkab Natuna. (ANTARA/HO-BRK)

Pekanbaru (ANTARA) - Bank Riau Kepri menjalin kerjasama layanan perbankan dengan Pemerintah Kabupaten Natunauntuk membantu membuat pengelolaan keuangan Pemerintah Kabupaten Natuna lebih transparan.

Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Bupati NatunaWan Siswandi dan Direktur Dana dan Jasa Bank Riau Kepri MA Suharto di Ranai, Kamis (16/9).

Direktur Dana dan Jasa Provinsi Bank Riau Kepri MA Suhartousai acara tersebut, menyampaikan apresiasinya kepada Pemkab Natuna yang selama ini sangat mendukung Bank Riau Kepri.

"Tentunya hal itu membuat Bank Riau Kepri terus memberikan dukungan kembali dalam pengelolaan keuangan kas daerah Kabupaten ini," katanya.

Salah satu bentuk dukungan Bank Riau Kepri terhadap PemkabNatuna yaitu kerjasama dalam pelayanan digitalisasi jasa perbankan. Kerjasama ini juga akan membuat Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) semakin baik.

Kerjasama ini merupakan program yang sudah berjalan di sejumlah kabupaten atau kota di Provinsi Kepulauan Riau dan Riau. Pelayanan perbankan berbasis digitalisasi dan elektronisasi ini sangat diperlukan pada masa pandemik COVID-19.

"CMS (Cash Management System) BRK salah satu aplikasi pembelanjaan yang berintegrasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD). Sehingga pengelolaan informasi pembangunan daerah, informasi keuangan daerah, dan informasi pemerintahan daerah lainnya dapat dilakukan secara cashless," kata Suharto.

Suharto juga menyampaikan selama proses konversi menjadi Bank Umum Syariah, Bank Riau Kepri terus membuat berbagai inovasi digitalisasi untuk meningkatkan pelayanan dan kinerja yang baik. Pada akhir Agustus 2021 lalu, Bank Riau Kepri melaunching QRIS (Quick Response-code Indonesia Standard).

Baca juga: Pemkab Bintan kerjasama layanan perbankan dengan Bank Riau Kepri

"Fitur baru ini akan sangat bermanfaat bagi Pemda untuk meningkatkan pendapatan daerah melalui pajak dan retribusi daerah-daerah. Kalau saat ini pembayaran pajak daerah dapat dilakukan melalui E-Channel BRK maupun secara aliansi dengan pelaku E-Commerce, tapi fitur BRK QRIS ini akan membuat transaksi lebih praktis dan cepat hanya dengan 1 QR Code saja," papar Suharto.

Dalam kesempatan itu, Suharto juga menyampaikan sejumlah prestasi yang diraih Bank Riau Kepri dalam sepekan terakhir.

Bank Riau Kepri menerima penghargaan TOP BUMD bintang 4, kemudian kategori Top pembina BUMD kepada Gubernur Kepulauan Riau dan Gubernur Riau. Sedangkan Direktur Utama Andi Buchari mendapat predikat Top Ceo BUMD 2021.

"Ini akan menjadi semangat Bank Riau Kepri konversi ke Syariah. Apalagi Unit Usaha Syariah UUS) Bank Riau Kepri juga meraih peringkat pertama atau predikat sangat baik (excellent) mengalahkan Bank Sinarmas dan Bank DKI," kata Suharto.

Baca juga: BRK raih peringkat excellent dari Infobank Award 2021

Sementara itu, Bupati Natuna Wan Siswandiberharap selalu menjalin koordinasi dan komunikasi, untuk terciptanya transparansi yang akuntabel dan efisien sehingga pengelolaan keuangan daerahnya dapat dikelola dengan lebih transparan.

“Kami pada prinsipnya mendukung setiap inovasi dan terobosan yang dibuat Bank Riau Kepri. Kita merasa memiliki Bank Riau Kepri ini, sebab andilnya cukup banyak dalam pembangunan di daerah. Sukses terus untuk Bank Riau Kepri dalam membuat inovasi-inovasi baru.

MoU ini tentunya sebagai komitmen bersama dalam meningkatkan jasa dan layanan perbankan demi terwujudnya tata kelola pemerintahan Natuna yang baik ke depannya,"pungkasnya.

Baca juga: Bank Riau Kepri Jalin kerjasama layanan perbankan dengan Tanjung Pinang