BRK raih peringkat excellent dari Infobank Award 2021

id Brk, bank riau kepri

BRK raih peringkat excellent dari Infobank Award 2021

Kantor pusat BRK di Pekanbau. (ANTARA/Riski Maruto)

Pekanbaru (ANTARA) - Bank Riau Kepri kembali memperoleh penghargaan sangat bagus (excellent) untuk perbankan dengan kategori aset Rp25 triliun ke atas dari Infobank Award 2021.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung secara virtual via zoom meeting oleh Infobank di Pekanbaru, Selasa (7/9), demikian keterangan pers yang diterima ANTARA di Pekanbaru, Rabu.

Chairman Infobank Institute, Eko B Supriyanto dalam penyerahan tersebut mengatakan penghargaan 'excellent' ini adalah tanda masih tingginya kepercayaan masyarakat terhadap institusi perbankan.

Untuk itu, institusi perbankan perlu menjaga kepercayaan ini melalui tata kelola layanan yang baik (GCG) dan pelayanan yang

efisien

"Kita melihat sekarang perbankan masih menjadi pilar utama masyarakat dalam mengelola uang mereka. Institusi perbankan perlu meningkatkan integritasnya dengan penerapan GCG dan pelayanan yang semakin efisien ke depannya," kata Eko.

Pemberian penghargaan infobank award 2021 ini didasarkan pada rating 109 bank yang dikeluarkan oleh Biro Riset Infobank, ucapnya.

Rating yang diolah berdasarkan kinerja tahun 2020 menerapkan tujuh kriteria dalam melakukan penilaian terhadap lembaga perbankan, jelasnya.

Dia menyebutkan, ketujuh kriteria itu, antara lain peringkat profil manajemen resiko, peringkat nilai GCG, permodalan, kualitas aset, rentabilitas, likuiditas dan efisiensi.

"Kriteria penilaian yang digunakan Biro Riset Infobank lebih berat daripada kriteria yang digunakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jika penilaian kesehatan bank versi regulator mengacu pada profil risiko, GCG, rentabilitas dan permodalan, maka Biro Riset Infobank menambah kriteria lainnya, yakni efisiensi dan pertumbuhan," sebutnya.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Riau Kepri, Dr Andi Buchari mengatakan, penghargaan predikat excellentini merupakan bukti nyata bahwa Bank Riau Kepri masih menjadi bank kepercayaan masyarakat Riau dan Kepulauan Riau.

"Alhamdulillah tahun ini kita kembali meraih predikat 'Excellent' untuk kinerja tahun 2020 dari Infobank Award 2021, ujarnya.

Sertifikat Excellent. (ANTARA/dok)


Predikat yang sama juga diraih Bank Riau Kepri pada kinerja tahun 2017, 2018 dan 2019 lalu, Selain masih tingginya kepercayaan masyarakat kepada Bank Riau Kepri dalam mengelola keuangan, prestasi ini juga berkat kerjasama seluruh stakeholder dan segenap insan Bank Riau Kepri," kata Andi Buchari.

Prestasi yang membanggakan bagi bank berlogo tiga layar terkembang ini tentunya akan menjadi semangat bagi Bank Riau Kepri Konversi menuju Bank Umum Syariah, ucapnya.

Dan juga menjadi kebanggaan bagi Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau yang sejak awal sangat mendukung Bank Riau Kepri konversi menjadi syariah, sebutnya.

"Prosesnya tinggal sedikit lagi, dan Insya Allah setelah itu Bank Riau Kepri akan menjadi Bank Umum Syariah. Mohon dukungan dan doa dari semua pihak agar proses ini segera rampung," tutur pria bergelar Doktor bidang Strategic Finance dari Sekolah Bisnis IPB University.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar