Bupati Siak ingatkan rumah ibadah untuk sediakan masker

id Bupati siak, covid siak, ppkm siak

Bupati Siak ingatkan rumah ibadah untuk sediakan masker

Bupati Siak ketika membagikan masker di Kecamatan Kerinci Kanan.(ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Siak terus berupaya dalam penanggulangan penyebaran COVID-19 di antaranya dengan membagikan masker di sejumlah wilayah di tingkat kecamatan yang berzona oranye dan merah.

Pemberian masker kali ini dilakukan ke sejumlah titik seperti tempat ibadah dan pasar dan pondok pesantren di wilayah Kecamatan Kerinci Kanan. Pemberian itu berjumlah masker kain 4800 potong, masker medis 10 kotak dan beras 5 kilogram sebanyak 21 karung.

Bupati Siak Alfedri menegaskan jika kasus positif COVID-19 terus meningkat sehingga rumah sakit akan mengalami kelebihan kapasitas. "Prasarana lainnya juga terbatas seperti oksigen ruang rawat tempat tidur dan lainya," kata Alfedri saat pembagian masker, Jumat.

Untuk itu, Bupati Siak tak bosannya mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk dapat mengatasi penyebaran COVID-19. Tentunya secara bersama dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan dan menerapkan pola hidup bersih sehat.

Alfedri kembali mengingatkan kepada Pengurus Mesjid, Mushalla, dan Gereja untuk bersama-sama mengedukasi kepada masyarakat agar tetap disiplin dengan kesadaran yang tinggi untuk melaksanakan protokol kesehatan. Terutama 5 M yaitu Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan pakai sabun dan handsanitizer, menghindari kerumunan dan Mengurangi Mobilitas.

"Diingatkan juga kepada Pengurus Masjid, Mushalla dan Gereja yang ada di Kecamatan Kerinci Kanan terutama bagi Pengurus Mesjid dan Mushalla, apabila ada infak dan keadaan mendesak, bisa dana infak tersebut digunakan untuk membeli masker dan sabun cuci tangan. Harapan kami agar angka COVID-19 ini bisa turun," ujar Alfedri.