PON: Raih Emas, Petembak Riau Kecewa

id pon raih, emas petembak, riau kecewa

Pekanbaru, (antarariau) - Anang Yulianto, peraih medali emas cabang menembak PON XVIII/2012, merasa kecewa terhadap pengurus Persatuan Berburu dan Menembak Indonesia (Perbakin) Riau yang seakan meninggalkan atletnya pada partai final.

Ditemui usai penyerahan medali di lapangan tembak Rumbai, Pekanbaru, Sabtu, Anang tak bisa menyembunyikan kegundahannya karena tidak ada satu pun pengurus Riau di lokasi bertanding. Bahkan, ia mengatakan tak ada pengurus yang menyaksikan para atlet bertanding untuk memberikan semangat.

"Saya sedikit kecewa dengan pengurus Perbakin Riau yang tidak memberikan dukungan dan memberikan selamat," keluhnya.

Pada pertandingan tersebut hanya terlihat pengurus KONI.

"Yang datang hanyalah pengurus KONI, Pak Ahmadsyah, beliau langsung datang dan memberikan semangat," katanya.

Menurut dia, sudah seharusnya pengurus Perbakin Riau mendukung penuh para atletnya, apalagi pada event nasional sebesar PON. Namun, dia mengatakan kepengurusan Pebakin Riau justru seakan tak peduli dengan prestasi tinggi yang telah diraih atletnya.

"Jangankan memberikan janji bonus, melihat atlet juara saja tidak datang," keluhnya.

Pengurus Perbakin Riau seharusnya malu karena tak hadir saat para penambaknya berhasil mengharumkan nama daerah karena menyabet dua medali emas dari cabang menembak lewat nomor standar pistol putra dan beregu.

Penembak andalan Anang Yulianto di nomor standar pistol putra jarak 25 meter. Bahkan, Anang juga memecahkan rekor PON sebelumnya yang diraih oleh penembak dari DKI Jakarta Sonny Prabowo dengan total nilai 569 0x. Selain itu, perolehan nilai Anang juga menyamai rekor Nasional atas nama Herry Keswanto dari Kalimantan Timur dengan nilai 573 0x.

Selain itu, Anang juga menyumbangkan medali di nomor 25 meter beregu, dengan totoal nilai 1674 0x. Dalam nomor itu, Anang bersama penembak Riau lainnya yakni Totok Tri Martono dan Safrin Sihombing.