Peduli warga isoman, Kapolres Bengkails siapkan beras satu ton

id Polres Bengkalis,Bengkalis, ppkm bengkalis, polres bengkalis

Peduli warga isoman, Kapolres Bengkails siapkan beras satu ton

Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan beserta anggota menyerahkan bantuan bahan pokok penting (bapokting) kepada warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) akibat terpapar COVID-19 di sejumlah desa yang ada di Kecamatan Bengkalis. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang sedang menjalani Isolasi mandiri (isoman) akibat terpapar COVID-19, Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan bersama jajaran turun langsung ke sejumlah desa bertemu masyarakat menyalurkan bahan pokok penting (bapokting). Bahkan ada sekitar satu ton beras yang disiapkan untuk dibagikan ke masyarakat yang nanti disalurkan kepada masyarakat yang menjalankan isoman di sejumlah kecamatan yang ada.

Perwira berpangkat dua melati ini juga memberikan semangat dan motivasi untuk cepat sehat kepada warga yang menjalaniisoman dan berpesan untuk tetap di rumah dan menggunakan masker serta tidak berinteraksi dekat dengan tetangga, guna mencegah penyebaran virus tersebut kepada tetangga.

"Alhamdulillah, bantuan berupa bahan pokok kita salurkan kepada masyarakat di Desa Kelapapati yang merupakan salah satu desa tertinggi kasus COVID-19 dan bantuan ini bisa sedikit meringankan beban masyarakat yang menjalani isoman," ujar Kapolres, Rabu (28/7).

Selain itu bantuan ini dilakukan secara bekelanjuta, dimana sebelumnya penyaluran bantuan bapokting ini juga telah dilakukan bersama jajarannya di Kecamatan Bengkalis.

"Bantuan bapokting ini merupakan sumbangsih dari jajaran Polres Bengkalis dan kami bagikan kepada warga yang terpapar COVID-19, mudah-mudahan ada rejekinya dan kita berharap doa dari masyarakat," ucap mantan Kasat Lantas Polres Bengkalis ini.

Kapolres juga tidak bosan-bosannya menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mencuci tangan dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19 yang saat ini tingkat penyebarannya tinggi di wilayah Kabupaten Bengkalis.

PPKM level tiga

Sesuai Surat Edaran (SE) Bupati Bengkalis Nomor 5 Tahun 2021 serta menindaklanjuti instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 26 tahun 2021, tanggal 25 Juli 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 3, level 2 dan level 1. Serta instruksi Gubernur Riau Nomor 143/INS/HK/2021 tanggal 26 Juli tentang perpanjangan PPKM di tingkat kecamatan hingga tingkat RT/RW yang berpotensi menularkan COVID-19 Kabupaten Bengkalis saat ini memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level tiga.

Dikatakannya, dengan status baru tersebut, maka akan diberlakukan berbagai aturan yang lebih ketat, termasuk pesta pernikahan yang tidak membolehkan makan di tempat.

"Dengan adanya penetapan PPKM kriteria level 3 tersebut kita tetap mengoptimalkan Posko Penanganan COVID dan juga melakukan pengawasan di sejumlah titik masuk ke wilayah Bengkalis," kata Kapolres.

Penerapan PPKM level 3 ini sebagaimana dimaksud dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut, pertama pelaksanaan kegiatan belajar mengajar hanya bisa dilakukan secara daring/online, kemudian pelaksanaan kegiatan perkantoran diberlakukan 75 persen Work From Home dan 25 persen Work from Office dengan penerapan prokes secara ketat dan lain-lainnya.

"Penerapan PPKM level tiga ini dimulai dari Senin (26/7) sampai dengan 2 Agustus 2021, dan sampai Selasa (27/7) total terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 4.123 orang," kata Kapolres.

Penyekatan wilayah

Desa Kelapapati merupakan salah satu desa yang tinggi tingkat penyebaran COVID di Kecamatan Bengkalis melakukan penyekatan di tiga dusun yang ada. Dengan adanya bantuan bapokting oleh jajaran Polres Bengkalis kepada masyarakat yang melakukan isoman merasa terbantu karena anggaran desa yang ada sangat terbatas.

"alhamdulillah, bantuan bapokting ini bisa meringankan beban masyarakat yang menjalankan isoman, walaupun pihak desa sesuai kemampuan juga memberikan bantuan pangan kepada masyarakat yang menjalankan isoman," ujar Kades Kelapapati Dasril.

Di Desa Kelapapati, pada beberapa titik melakukan penyekatan PPKM Mikro yang diperketat di wilayahnya, diantaranya dusun timur, dusun barat dan dusun selatan.

"Yang saat ini banyak yang terkonfirmasi COVID-19 di tiga dusun ini. Penyekatan kita lakukan agar warga tidak berjalan kemana mana terlebih dahulu, terutama yang terkonfirmasi kita pastikan tetap berada di rumah dulu," terang Kades.

Tim PPKM akan mengunjungi dengan melakukan patroli berkala di rumah rumah warga yang di lakukan penyekatan ini. Tim PPKM yang melakukan pemantauan terdiri dari Polisi, TNI serta perangkat desa.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar