Ribuan anak yatim di Riau dapat santunan

id Rapp, apr, pt rapp, rge

Ribuan anak yatim di Riau dapat santunan

Bantuan di Kabupaten Pelalawan. (ANTARAHO-RAPP)

Pekanbaru (ANTARA) - Dua tahun belakangan menjadi sangat berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. pandemiCOVID-19 yang terjadi seluruh dunia membuat sebagian masyarakat mengalami kesulitan, khususnya di bidang ekonomi.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat di tengah pandemi, bertepatan dengan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dan PT Asia Pacific Rayon (APR) membagikan 1.887 paket sembako kepada masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasional perusahaan di Kabupaten Pelalawan. Selain itu pada Bulan Ramadhan, kedua perusahaan ini juga sudah memberikan santunan kepada 490 anak yatim di Kabupaten Kampardan 600 anak yatim di Kabupaten Siak.

Untuk sembako didistribusikan ke Desa Sering, Desa Lalang Kabung, Desa Simpang Perak Jaya, Kelurahan Pangkalan Kerinci Kota, Pangkalan Kerinci Timur dan Pangkalan Kerinci Barat.ManagerCommunity Development (CD) RAPP, BR Binahidra Logiardi mengatakan ini untuk membantu masyarakat khususnya di saat pandemi COVID-19.

Sembako berupa beras, minyak goreng dan gula dibagikan kepada masyarakat melalui koordinasi dengan pemerintahan desa dan kelurahan setempat. Langkah ini merupakan salah satu komitmen keberlanjutan transformatif berisi serangkaian aksi nyata yang akan berkontribusi positif terhadap perkembangan masyarakat dalam 10 tahun ke depan.

“Komitmen ini menegaskan Grup APRIL, unit usaha Royal Golden Eagle (RGE), sebagai perusahaan yang mendukung bisnis berkelanjutan sekaligus mendorong tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) di Indonesia,” tuturnya.

Binahidra melanjutkan Kemajuan Inklusif mencakup langkah-langkah kongkrit untuk memberdayakan masyarakat melalui serangkaian inisiatif transformatif khususnya pada aspek pelayanan kesehatan, edukasi dan kesetaraan gender. Salah satu targetnya memerangi kemiskinan ekstrem dalam radius 50 kilometer dari kegiatan operasional di Pangkalan Kerinci, Provinsi Riau.

Ketua Forum RT/ RW Kecamatan Pangkalan Kerinci Kota,Asiruddin mengapresiasiprogram bantuan dari kedua perusahaan yang beroperasi di Pangkalan Kerinci ini. Menurutnya kegiatan ini membantu meringankan beban masyarakat.

“Kondisi ekonomi masyarakat akibat pandemi COVID-19 ini menurun. Perekonomian lesu. Kami bersyukur masyarakat bisa terbantu karena inilah yang sangat dibutuhkan dalam masa-masa sulit seperti sekarang,” katanya.

Senada dengan itu, Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto bersyukur atas bantuan santunan yang telah diberikan perusahaan bagian dari grup APRIL ini. Ia berharap bantuan ini dapat bermanfaat dan meringankan beban masyarakat terutama di masa pandemi.

"Walaupun kondisi yang dialami dalam dua tahun cukup berat karena melaksanakan ibadah puasa di tengah pandemi COVID-19, kita harus sabar dan ikhlas agar mampu menjalani dengan rasa syukur," tuturnya.

Bantuan di Kabupaten Kampar.(ANTARAHO-RAPP)


Manager Stakeholder Relations (SHR) RAPP wilayah Kampar, Andrisman mengatakan santunan ini untuk menumbuhkan kepedulian dan berbagi kepada sesama, utamanya anak yatim. Santunan tersebut merupakan salah satu kontribusi dan manifestasi nyata komitmen perusahaan anggota grup RGE dalam membantu masyarakat di sekitar operasional.

"Ini merupakan rasa kebersamaan dengan masyarakat khususnya bagi anak yatim sehingga rasa kebersamaan dalam menjalankan ibadah puasa akan lebih sempurna," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Siak, Arfan Usman juga mengapresiasi kepedulian PT RAPP dan PT APR atas santunan kepada kepada anak yatim tersebut. Hal ini menjadi momentum yang sangat tepat bagi mereka di masa pandemi ini.

"Terima kasih kepada PT RAPP yang setiap tahunnya menyalurkan santunan untuk anak yatim di Siak. Tentunya santunan ini dapat bermanfaat bagi kebutuhan hari raya anak-anak kita,” tuturnya.

Bantuan di Kabupaten Siak.(ANTARA/HO-RAPP)


Manager Stakeholder Relation (SHR) RAPP wilayah Siak, Samsuriya M Hasyim mengatakan program bantuan ini merupakan Grup APRIL selalu rutin menyalurkan bantuan yang bersinergi dengan pemerintah daerah.

"Ada sebagian dari hak mereka di kami dan ini sesuai dengan filosofi founder kami yang sangat mengutamakan keberadaan usaha atau bisnisnya harus bisa membawa manfaat bagi masyarakat atau good forcommunity," kata dia.

Dia menambahkan anak yatim sudah selayaknya mendapatkan dukungan semua pihak terutama untuk meringankan biaya kehidupan dan pendidikan mereka. “Tentunya santunan ini bisa bermanfaat bagi kehidupan anak-anak dan membawa keberkahan bagi kita semua,” ujar Syamsuriya.

Sebagaimana diketahui, APRIL dan APR merupakan grup RGE yang bergerak di bidang manufaktur berbasis sumber daya dan beroperasi secara global. RGE dan seluruh anggota usahanya terus memberikan kontribusi bagi pengembangan masyarakat serta mendukung program pembangunan ekonomi daerah, regional dan nasional.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar