Kemenperin sebut 23 startup Indonesia sudah siap mendunia

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, kemenperin

Kemenperin sebut 23 startup Indonesia sudah siap mendunia

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih (ANTARA/HO-Biro Humas Kemenperin/am)

Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih menyebutkan ada 23 startup besutan anak bangsa yang dilahirkan dari program Startup4Industri Kemenperin, sudah siap mendunia.

"Potensi startup dan tech provider Indonesia yang luar biasa ini perlu didorong oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perindustrian, agar dunia industri yakin terhadap kemampuan mereka," kata Gati saat menggelar konferensi pers secara virtual di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Menperin Agus Gumiwang ungkap peranan strategis perempuan dalam kemajuan IKM

Gati memaparkan, dari pelaksanaan program Startup4Industry, 23 startup ini terpilih menjadi co-exhibitor Hannover Messe 2021 dan siap untuk go global.

Adapun tiga dari 23 perusahaan berbasis teknologi yang menjadi co-exhibitor di Hannover Messe dan siap mendunia yaitu PT Mygrowtek Jaya Imajin (Imajin), yakni startup yang berasal dari salah satu pendukung program Startup4industry yaitu Asosiasi Printer Tridimensi.

"Startup ini mengajak manufaktur Indonesia untuk saling berbagi sumber daya dan terhubung membentuk hub factory sharing. Resources sharing dan economy sharing adalah bagaimana manufaktur dan roda ekonomi di industri 4.0 berjalan," papar Gati.

Selanjutnya, PT Tata Sarana Mandiri (TSM), yang merupakan perusahaan berbasis teknologi tinggi yang aktif melakukan riset utamanya di perangkat telekomunikasi.

"Kami bangga dengan upaya TSM untuk menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia mampu membuat produk elektronika dan TIK dengan nilai TKDN 40 persen dan berkualitas global," ungkap Gati.

Selain itu, PT Multi Areal Planning Indonesia (MAPID) adalah salah satu finalis Startup4industry pada 2018, saat itu MAPID baru melahirkan MVP (minimum valuable product) yaitu digital geo mapping dengan internet of things dan Kemenperin berupaya memberikan eksposur terhadap MAPID kepada pasar nasional.

Sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) serta Rencana Strategis Kementerian Perindustrian 2020-2024, sebagai salah satu strategi untuk mewujudkan Making Indonesia 4.0 Kemenperin berupaya menumbuhkan startup berbasis teknologi melalui program Startup4industry.

Program Startup4industry merupakan gerakan Making Indonesia 4.0 dengan solusi teknologi dari startup untuk mendorong implementasi teknologi di industri dan masyarakat.

Maksud dari program Startup4industry adalah membentuk ekosistem solusi teknologi industri 4.0; serta menjembatani kebutuhan industri dan masyarakat dengan tech provider.

Sedangkan tujuan dari program Startup4industry adalah mengakselerasi startup sebagai technology provider atau problem solver bagi industri dan masyarakat; mengimplementasikan teknologi di industri khususnya industri kecil dan menengah (IKM); serta mensosialisasikan penggunaan teknologi buatan Indonesia.

Baca juga: Menperin Agus Gumiwang sebut 2 kunci utama capai pertumbuhan industri 4 persen 2021

Baca juga: Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita sebut beli produk dalam negeri merupakan tindakan patriotisme


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta