Konsul Singapura doakan Gubernur Riau cepat sembuh dari COVID-19, begini harapannya

id covid riau,konsul singapura di batam,gubernur riau covid,berita riau antara,berita riau terbaru

Konsul Singapura doakan Gubernur Riau cepat sembuh dari COVID-19, begini harapannya

Konsul Jenderal Singapura di Batam Mark Low (kiri bawah) saat penyerahan bantuan masker dari pemerintah Singapura untuk Pemprov Riau yang berlangsung secar virtual. (ANTARA/HO-Diskominfotik Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Konsul Jenderal Singapura di Batam, Mark Low, memanjatkan doa agar Gubernur Riau Syamsuar cepat sembuh dari infeksi COVID-19.

Mark Low menyampaikan hal tersebut saat penyerahan bantuan 800.000 helai masker medis dari Pemerintah Singapura ke Pemprov Riau, yang penyerahannya berlangsung secara virtual, Selasa.

Gubernur Riau Syamsuar, bersama isterinya sudah lebih dari seminggu terakhir ini menjalani perawatan karena tertular COVID-19 di Kota Pekanbaru.

"Semoga Pak Gubernur dan istri cepat sembuh dan kembali bisa beraktivitas," katanya.

Ia mengatakan Singapura sebagai negara yang secara geografis dekat dengan Provinsi Riau, merasa perlu untuk membantu menanggulangi pandemi COVID-19 secara bersama-sama.

Ia menilai pandemi berdampak signifikan terhadap kesehatan masyarakat dan juga ekonomi, baik di Singapura maupun di Indonesia.

Karena itu, untuk penanganan pandemi, semua pihak lintas negara perlu saling membantu untuk bisa melalui masa sulit.

Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, saat menerima masker bantuan dari Singapura menyatakan, kondisi Gubernur Riau Syamsuar kini stabil meski belum dinyatakan sembuh dari virus corona. Saat ini gubernur masih dirawat di ruang isolasi di rumah sakit rujukan bersama istrinya.

"Saya mendapatkan laporan tadi pagi kalau kondisi Gubernur Riau cukup kondusif, kalau swab (uji usap) nanti negatif akan diisolasi di rumah," katanya.

Ia mengatakan masyarakat Riau sangat terima kasih kepada Pemerintahan Singapura yang telah memberikan bantuan 800.000 helai masker.

Ia mengatakan nantinya masker bantuan tersebut akan segera disalurkan ke pemerintah kabupaten/kota se-Riau yang membutuhkan bantuan.

Berdasarkan data dinas kesehatan Riau, total kasus terkonfirmasi COVID-19 mencapai 21.259 dengan jumlah pasien yang sembuh ada 18.969 orang. Warga yang masih menjalani pengobatan di rumah sakit ada 877 orang, sedangkan yang isolasi mandiri ada 931 orang.

Sementara itu, jumlah kasus kematian akibat COVID-19 ada 482 orang. Gubernur Riau Syamsuar dinyatakan terpapar COVID-19 pada 1 Desember lalu. Syamsuar kini dirawat di ruang isolasi dan ditangani tim dokter yang terdiri dari enam orang dokter spesialis.

Baca juga: Gubernur Riau dan isteri positif COVID-19, begini kondisinya

Baca juga: Kondisi Gubernur Riau stabil dalam penanganan tim dokter, begini penjelasannya