Kapolda Riau pantau pendaftaran Pilkada di Kuansing dan Inhu

id Kapolda riau, pilkada kuansing, pilkada inhu,Pilkada riau, pilkada riau 2020

Kapolda Riau pantau pendaftaran Pilkada di Kuansing dan Inhu

Kapolda Riau saat tiba di Indragiri Hulu, Jumat (4/9). (ANTARA/HO-Polres Inhu)

Rengat (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengunjungi Indragiri Hulu dalam rangka supervisi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada Jumat 4 September 2020 untuk memastikan semua berjalan aman dan lancar.

"Sebelumnya beliau juga telah mengunjungi Kuansing, meninjau kesiapan sistem pengamanan wilayah tersebut," kata Kapolres Indragiri Hulu AKBP Efrizaldi Rengat, Jumat.

Rute perjalanan Kapolda beserta rombongan adalah berawal tiba di gedung VIP Room Lancang Kuning Bandara Internasional SSK II dan pukul 08.38 WIB, terbang menggunakan helikopter menuju Kuansing.

Setiba di Kuansing, Kapolda beserta rombongan yakni Karo Ops Kombes Pol Rudi Kristianto, Dansat Brimob Kombes Pol Dedi Suryadi, Dir Samapta Kombes Pol Feried Zulkarnaen dan Dir Intelkam Kombes Pol Aris menuju Mapolres Kuansing untuk melihat kesiapan personel dalam pengamanan Pilkada oleh Polres Kuansing.

Selanjutnya, Kapolda menuju Inhu, sekitar pukul 13.47 WIB menggunakan helikopter. Kapolda dan rombongan disambut oleh Kapolres Inhu AKBP Efrizal, Bupati Inhu Yopi Arianto, Dandim 0302 Letkol CZI Eko Supri Setiawan.

Setelah melepas lelah sesat, lanjutnya, Kapolda menuju kantor Komisi Pemilihan Umum di Pematang Reba, Rengat Barat dan langsung melihat proses pengamanan tahapan pendaftaran calon bupati dan wakil bupati.

Kemudian Kapolda bersilahturahmi, dialog dengan Ketua KPU Yeni Mairida didampingi komisioner Dwi Apriansyah berkaitan dengan persiapan dan pelayanan pendaftaran.

Ketua KPU Inhu Yeni Mairida menyebutkan, semua telah sesuai proses dan ketentuan, misalnya pengaturan kampanye seperti dalam PKPU 10/2020 yang merubah PKPU tentang kampanye sebelumnya.

"Ada beberapa poin perubahan yakni, peserta kampanye dibatasi maksimal 50 orang, sebelumnya tidak ada pembatasan jumlah peserta kampanye," ujar Ketua KPU.

Ketua KPU juga menambahkan, mengenai alat peraga kampanye berupa baliho, pihaknya hanya memfasilitasi lima buah, untuk masing-masing pasangan calon di setiap kecamatan.

Sementara Kapolda Riau mengutarakan sejumlah harapan harapan dan imbauan, agar segenap lapisan masyarakat dapat berpartisipasi dalam menciptakan Pilkada yang aman dan sejuk.

"Saya meminta agar terjalin kerjasama yang baik antara KPU dan Polres Inhu terhadap hal-hal yang berpotensi terjadinya kerawanan konflik, kerusuhan dan gangguan keamanan," pintanya.

Baca juga: Lima pasangan daftar di KPU ikuti Pilkada Inhu