Wako Pekanbaru bongkar kabinet saat pandemi termasuk mengganti Sekda

id Pelantikan,pemkot pekanbaru,pekanbaru

Wako Pekanbaru bongkar kabinet saat pandemi termasuk mengganti Sekda

Wali Kota Pekanbaru  Firdaus melakukan penyegaran di kalangan stafnya di tengah terpaan wabah COVID-19, termasuk mengganti Sekretaris Daerah M Noer, Pekanbaru Jumat (26/6). (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Wali Kota PekanbaruFirdaus melakukan penyegaran di kalangan stafnya di tengah terpaan wabah COVID-19, termasuk mengganti Sekretaris Daerah M Noer yang sudah hampir dua periode kepemimpinan Firdaus-Ayat bercokol, dan turun gunung menjadi Kepala Dinas Kesehatan.

Dalam Surat Keputusan yang dibaca dalam prosesi pelantikan yang dipimpin Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Jumat sore (26/6), Sekda Pekanbarudijabat pelaksana tugas (Plt) merangkap Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) dijabat Muhammad Jamil.

"Jabatan ini adalah amanah yang akan diminta pertanggungjawabannya di dunia dan akhirat jangan ragu untuk bekerja dengan taat sesuai regulasi," kata Ayat Cahyadi usai pelantikan.

Dalam pelantikan itu ada sembilan pejabat eselon II yang dilantik. M Noer diberikan amanah sebagai Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menggantikanMuhammad Amin.

Ayat Cahyadi meminta agar pejabat yang dilantik solid dan dapat berpandangan bahwa antara OPD di pemerintahan merupakan satu keluarga yang harus bersama-sama berupaya mencari solusi atas suatu permasalahan. Seperti dalam mengupayakan pemutusan rantai penyebaran COVID-19 di Kota Pekanbaru.

"COVID-19 Ini bukan hanya tugas Dinas Kesehatan atau Dinas Penanggulangan Bencana, tetapi kita harus bersama-sama mencari jalan keluarnya sebagai sebuah keluarga yang bahu-membahu," kata Ayat.

Sementara itu M Noer MBS menerima keputusan Wali Kota Pekanbarukarena dirinya kini sedang fokus ikut dalam seleksi untuk menjadi Widyaiswara Utama di Pemerintah Provinsi Riau. Untuk menjadi Widyaiswara, syaratnya harus ada jabatan.

"Sebagai ASN harus siap apapun yang jadi keputusan pimpinan. Saya mengucapkan selamat pada pejabat yang dilantik dan memohon maaf jika selama ini ada kesalahan selama menjabat, saya akan cuti untuk mengurus seleksi Widyaiswara yang sedang berjalan sekarang," katanya.

Jajaran lainnya yang juga diganti yakni Kepala Dinas Ketahanan Pangan oleh Alek Kurniawan sementaraMutia Eliza dinonjobkan. Kepala Kesbangpol diemban Zulfahmi Adrian, Zulfikri Kepala Dispora , Baharuddin Kepala BKP-SDM, Chairani Kepala Dinas DP3A, Mahyudin Kepala Dinsos,

Agus Pramonomenjabat Kepala DLHK , Abdul Jamalmenjabat Kepala Disnaker .

Sementara pejabat yang diberikan amanah menjabat Plt selain M Jamil yakni Masykur Tarmizi Plt Asisten III merangkap Kepala Balitbang, Ismardi Ilyas Plt Kepala Disdik merangkap Sekretaris, Burhan Gurning Plt Kepala Satpol-PP merangkap Kepala Dinas Damkar.

Sementara untuk pejabat esselon III yang diberikan amanah baru yakni Basri Kepala Bagian Umum, Marzuki Kepala Bagian Persidangan DPRD, M Yunan Inspektor Pembantu Wilayah 4, Syafri Anur Kepala Bidang Pajak Daerah I, Adri Hidayat Kepala Bidang Dinsos, Hendra Afriyadi Kepala Bidang Pengembangan Kearsipan, Harianto Kepala Bidang Perbendaharaan di BPKAD, Desi Andarwati Kepala Bidang Mutasi dan Promosi BKPSDM.

Baca juga: Dugaan kecurangan PPDB SMAN 8 Pekanbaru, puluhan warga bertahan sampai malam di sekolah

Baca juga: Uji usap di pasar tradisional Pekanbaru, banyak pedagang pilih tutup lapak