Bill Gates kagumi Steve Jobs

id bill gates, kagumi steve jobs

Bill Gates kagumi Steve Jobs

Jakarta (ANTARARIAU News) - Pendiri Apple Steve Jobs meninggal pada Rabu akibat kanker di usia 56 tahun. Kantor berita AFP menulis kepergian Jobs adalah prematur bagi sosok yang telah merevolusi budaya modern dan mengubah hubungan dunia dengan teknologi, di antaranya lewat iPad dan iPhone.

"Kami sangat sedih mengumumkan Steve Jobs hari ini tutup usia," kata pernyataan dewan direksi Apple, perusahaan yang berbasis di California.

"Kecemerlangan Steve, hasrat dan energinya adalah sumber dari inovasi yang tak terhitung banyaknya, yang telah memperkaya dan memperbaiki semua kehidupan kita. Dunia ini jadi jauh lebih baik karena Steve."

Penghormatan mengalir dari seluruh dunia untuk Jobs, sementara penggemar Apple membanjiri Twitter dan Facebook untuk menyuarakan kesedihan mereka.

Jobs baru berusia 21 saat mendirikan Apple Computer pada tahun 1976 dengan teman lamanya Steve Wozniak (26) di garasi keluarga.

Dari awal yang sederhana, Apple dengan logo apel tergigit itu tumbuh menjadi salah satu perusahaan paling berharga di dunia.

Pada bulan Juli keuntungan kuartal kedua Apple mencapai 7,31miliar dolar dari pendapatan 28,57 miliar dolar.

"Dunia jarang memiliki sosok sangat berpengaruh seperti yang telah Steve lakukan. Efeknya akan terus dirasakan hingga generasi-generasi selanjutnya," kata Gates dalam pernyataan yang dikutip di situs Wall Street Journal.

Kedua orang itu bersaing mendominasi pasar di awal era komputer pribadi. Perangkat lunak Microsoft mendominasi

tempat kerja sedangkan Jobs punya visi lain; mesin yang mudah digunakan dengan tetikus dan ikon yang diklik untuk mengaktifkan program atau membuka file.

Apple mengubah halaman di situsnya sebagai penghormatan untuk Jobs. Ada foto hitam-putihnya dengan judul "Steve Jobs, 1955-2011."

Keluarga Jobs juga mengeluarkan pernyataan bahwa sosok itu telah kalah dalam perang panjang melawan kanker pankreas. Saat meninggal dia dikelilingi oleh saudara-saudaranya.

"Dalam kehidupan publik, Steve dikenal sebagai seorang visioner sedangkan dalam kehidupan pribadinya,ia disayangi keluarga, "katanya.

Steve Jobs lahir pada 24 Februari 1955 di San Francisco dari ibu yang menjadi orang tua tunggal. Dia diadopsi oleh satu pasangan di Mountain View saat berusia satu minggu. Jobs dibesarkan di suatu lingkungan yang kemudian menjadi pusat teknologi dengan sebutan "Silicon Valley".

Di bawah Jobs, Apple memperkenalkan komputer pertama Apple dan kemudian Macintosh, yang menjadi sangat populer pada 1980-an.

Banyak penggemar komputer Macintosh mengganggap diri mereka sebagai kumpulan yang melawan

kerajaan Microsoft dengan sistem operasi Windows.

Jobs meninggalkan Apple pada tahun 1985 setelah perebutan kekuasaan internal. Dia merintis NeXT, perusahaan komputer yang mengkhususkan diri dalam workstation canggih untuk bisnis.

Dia ikut mendirikan Pixar pada tahun 1986 yang tadinya adalah unit komputer grafik Lucasfilm. Unit itu dia beli dari George Lucas. Pixar selanjutnya memenangi piala Oscar.

Kilau Apple memudar setelah Jobs pergi, tetapi dia bergabung lagi pada tahun 1996 setelah Apple membeli NeXT seharga 429 juta dolar. Jobs sekali lagi merangkak naik ke pucuk pimpinan Apple.

Apple semakin kuat setelah Jobs mengubah jajaran produk Macintosh, Dia merevolusi budaya modern dan meluncurkan "era posca-PC" yaitu perubahan komputer pribadi menjadi "mobile gadget" seperti iPod, iPhone dan iPad.