Gojek siap bantu Maia Estianty yang telah tertipu

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,Gojek

Gojek siap bantu Maia Estianty yang telah tertipu

Penipuan online (Antaranews)

Jakarta (ANTARA) - Senior Manager Corporate Affairs Gojek, Alvita Chen, mengecam tindakan penipuan berbasissocial engineeringyang dilakukan salah satu mitra Gojek, Yusdi Alamsyah, terhadap penyanyi Maia Estianty.

"Kami telah menghubungi Ibu Maia mengenai kasus tersebut dan kami siap membantu agar penipu dapat diusut dan ditindak oleh pihak kepolisian," ujar Alvita dalam pernyataan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Gojek tayangkan film-film Indonesia lewat aplikasi baru Goplay

Dengan kasus tersebut, Gojek juga terus mengingatkan pengguna dan mitra Gojek untuk mengecek kembali jika dihubungi oleh pihak yang mengaku dari Gojek ataupun mitra Gojek.

Gojek juga menekankan, baik perusahaan, mitra maupun GoFood tidak pernah meminta kode apa pun lewat cara apa pun.

Dalam akun Instagramnya, Maia Estianty bercerita soal penipuan yang dia alami. Ibunda Al Ghazali itu menjelaskan bahwa aksi penipuan tersebut terjadi saat dia tengah memesan GoFood menggunakan Gopay.

"Tiba-tiba itu sopir ojol bilang mogok, terus diacallmau ganti ubah sopir, dia minta gue klik *21*," tulis @maiaestiantyreal.

"Tau apa yang terjadi? Ternyata itucodekita sedang me-forwarddata telepon kita ke dia," lanjut Maia.

Selanjutnya, Maia mengaku sang penipu melakukanlog-inke akunnya, dan dia mendapat sms kode OTP (One-Time Password)atau kode verifikasi. Meski Maia tidak memberikan kode tersebut, tampaknya sang penipu juga mendapat kode tersebut, sehingga berhasil menguras isi Gopay-nya.

Tidak hanya itu, sang sopir juga berhasil meretas sejumlah aplikasi yang ada di ponsel Maia, seperti Tokopedia dan WhatsApp. Sang penipu bahkan berhasil membobol akun Tokopedia Maia, dan mencoba menggunakan kartu kredit untuk membeli ponsel pintar.

"Gue rasa aplikasi-aplikasi ini boleh canggih, tapi ternyata maling-maling ini jauh lebih canggih," ujar Maia.

"Saran gue buat pemilik usaha aplikasi kayak Gojek, Tokopedia, dll, mestinya kejadian-kejadian kayak gini sudah harus diantisipasi banget," tambah dia.

Baca juga: Papan Iklan Gojek Curi Perhatian Warga Net

Baca juga: Selama Natal Dan Tahun Baru, Gojek Tutup Layanan Gopay


Pewarta: Arindra Meodia