Kapolda Riau dimutasi. Terkait Karhutla?

id Kapolda sultra, kapolda papua, kapolda riau, mutasi kapolda

Kapolda Riau dimutasi. Terkait Karhutla?

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Brigjen Pol Dedi Prasetyo. ANTARA FOTO/Dyah Dwi Astuti/pri.

Jakarta (ANTARA) - Kepala Kepala Kepolisian Daerah Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo, Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara Brigjen Pol Iriyanto, dan Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Pol Rudolf Albert Rodja dicopot atau bahasa halusnya dimutasi dari jabatannya.

Mutasi perwira tinggi itu tertuang dalam surat telegram Kapolri bernomor ST/2569/IX/KEP/2019 tertanggal 27/9/2019 yang ditandatangani oleh AS SDM Kapolri Irjen Eko Indra Heri S.

"Dimutasikan bersama beberapa kapolda lainnya," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Brigjen Pol Iriyanto yang digantikan Dirsosbud Baintelkam Brigjen Pol Merdisyam, dimutasi sebagai Irwil III Itwasum Polri.

Sementara Irjen Pol Rudolf Albert Rodja yang dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri akan digantikan Analis Kebijakan Utama Bidang Sespimti Sespim Lemdiklat Polri Irjen Pol Paulus Waterpau.

Kemudian Kepala Kepolisian Daerah Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo digantikan Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi yang bertugas di BIN.

"Mutasi dalam organisasi Polri hal yang biasa dalam rangka tour of duty dan area, serta untuk meningkatkan kinerja organisasi dan dalam rangka pembinaan karier," tutur Dedi Prasetyo.

Upacara serah terima jabatan tiga kapolda baru akan dilakukan pada Senin (30/9) di Ruang Rapat Utama Gedung Mabes Polri, Jakarta.

Mutasi ketiga kapolda tersebut dinilai tidak mengejutkan karena di daerah yang mereka pimpin terdapat kasus yang menjadi peehatian nasional, bahkan internasional.

Seperti diketahui korban kerusuhan di Papua kini mencapai 30 orang dan ratusan orang luka-luka dalam demo anarkis beberapa waktu lalu.

Kemudian kasus kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau juga menjadi perhatian publik saat ratusan ribu hektare lahan musnah terbakar api hingga pemerintah setempat menetapkan status siaga darurat kabut asap. Bencana karhutla juga menyebabkan puluhan ribu orang terkena ISPA dan seorang bayi meninggal dunia dipicu karena sesak nafas. Bahkan Presiden Jokowi terpaksa turun tangan ke daerah ini untuk menuntaskan Karhutla.

Sementara di Povinsi Sulawesi Tenggara terdapat seorang mahasiswa Universitas Halu Olio yang meninggal dunia tertembak saat demonstrasi. Seorang mahasiswa pendemo lainnya juga meninggal dunia setelah sempat di rumah sakit akibat mengalami luka serius di kepala.

Baca juga: Polda Riau bidik tiga perusahaan sebagai tersangka Karhutla

Baca juga: Mahasiswa Sultra tewas, polisi tunggu autopsi

Baca juga: Papua Terkini - Korban tewas akibat kericuhan di Wamena menjadi 30 orang


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar