BMX Local Competition di Siak, 231 pelajar ikut serta

id BMX Siak, Siak terkini, olahraga sepeda

BMX Local Competition di Siak, 231 pelajar ikut serta

Bupati Siak, Alfedri mengibarkan bendera start di BMX Local Competition.(ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak, Riau (ANTARA) - Ikatan Sport Sepeda lndonesia (ISSI) Kabupaten Siak menggelar pertandingan BMX Local Competition yang dikhususkan bagi pelajardengan diikuti 231 pesertadilaksanakan di Venue BMX Kecamatan Siak, 31 Agustus hingga 1 September 2019.

"Saya senang mendengar informasi dari ketua panitia, ada 231 peserta dan semuanya Pelajar Siak. Ini membuktikan bahwa minat anak Siak untuk olahraga BMX ini sangat tinggi," kata Bupati Siak, Alfedri ketika membuka kompetisi tersebut.

Pertandingan BMX ini sangat bermanfaat agar ke depannya tercipta atlet Siak yang akan berlaga di tingkat profesional. Oleh karena itu, diharapkannya juga semoga pertandingan ini bisa dilaksanakan setiap tahun.

Alfedri juga menginginkan ke depannya, perlombaan ini tidak hanya digelar untuk pebalap lokal saja. Melainkan bisa digelar perlombaan tingkat nasional bahkan internasional.

"Dulu kita pernah menggelar perlombaan BMX tingkat internasional, kita berharap perlombaan seperti dulu bisa digelar lagi. Kalau terkait venue, Venue BMX Siak ini merupakan venue yang terbaik di Indonesia," kata Alfedri.

Alfedri mengatakan, tujuan Pemkab Siak menggelar perlombaan-perlombaan di Kabupaten Siak juga sebagai bentuk promosi daerah. Itu agar wisatawan baik dari dalam negara maupun manca negara datang berkunjung ke Negeri Istana.

Ketua Panitia yang juga Ketua ISSI Kabupaten Siak Roni Rakhmat mengatakan, perlombaan ini baru digelar perdana. Tujuannya untuk mencari bibit-bibit terbaik daerah dalam bidang olahraga sepeda, khususnya BMX.

Pada pertandingan BMX Local Competition, sambung Roni, ada delapan kategori yang diperlombakan. Mulai dari kelas pemula yang berumur 7-12 tahun dengan kategori pemula putra dan putri, Youth putra dan putri, Junior putra dan putri, dan yang terakhir elite putra.

"Teknis perlombaan, setiap perlombaan akan diikuti oleh empat peserta, dan akan diambil dua pemenang untuk putaran selanjutnya," kata pria yang saat ini menjabat Kepala Bagian Umum di Sekretariat Daerah Kabupaten Siak itu.

Untuk kategori pemula yang berumur dari 7-12 tahun untuk putra diikuti 135 peserta dan untuk putri 13 peserta. Untuk kategori Youth (13-15 tahun) putra 48 peserta dan putri 7 peserta. Untuk kategori Junior (16-18 tahun) putra 11 peserta dan putri 8 peserta

"Untuk kelas Elit, (di atas 19 tahun) putra ada 9 peserta sementara untuk putri tidak ada yang mendaftar. Jadi perlombaan digelar dengan hanya 7 kategori saja," kata Roni.(adv)

Baca juga: Bupati optimistis Tour de Siak tanpa kabut asap