Kecelakaan Kerja Di Dumai Menurun

id kecelakaan kerja, di dumai menurun

Dumai, 12/12 (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Dumai, Riau, mencatat jumlah angka kecelakaan kerja di kota berjuluk Mutiara Pantai Sumatera itu menurun dibandingkan tahun sebelumnya.

Kepala Disnakertrans Kota Dumai, Samsul Bahri, melalui selularnya kepada ANTARA di Dumai, Minggu, mengatakan, sejak Januari hingga memasuki Desember 2010 ini, jumlah kecelakaan kerja ada sekitar 23 kasus.

Angka tersebut menurutnya jauh lebih kecil dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 43 kasus.

"Sebagian besar kecelakaan kerja terjadi dalam lingkungan perusahaan swasta yang ada di Kota Dumai," tuturnya.

Kecelakaan yang kerap terjadi, papar dia, paling banyak disebabkan oleh kelalaian pelaku kerja sendiri yang tidak melengkapi diri dengan alat pelindung atau K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja-Red).

"Kita sangat bersyukur atas penurunan angka kecelakaan kerja tahun ini yang berarti kesadaran para tenaga kerja dalam melengkapi diri dengan alat K3 sudah mulai terus maksimal. Mudah-mudahan tahun depan jumlah angka kecelakaan kerja terus berkurang," katanya.

Di sisi lain, Samsul mengungkapkan pada perayaan Hari K3 Nasional yang jatuh pada 12 Januari 2011 mendatang, pihaknya bersama sejumlah pihak-pihak terkait lainnya berencana menggelar aksi demonstrasi penanggulangan kebakaran sebagai antisipasi terjadinya insiden kebakaran yang suatu saat bisa terjadi dimana dan kapan saja di lingkungan kerja.

Sementara untuk kegiatan eksternal, ucapnya, akan dilaksanakan sosialisasi pencegahan dan pemahaman tentang K3 di masing-masing perusahaan.

"Kita juga akan diberi penilaian bagi seluruh perusahaan yang mengadakan kegiatan tersebut dengan tenggang waktu sejak 12 Januari-12 Februari 2011 mendatang," tuturnya.

Kendati angka kecelakaan kerja di lingkup industri atau perusahaan menurun, paparnya, berbagai pihak juga harus tetap waspada dan mengatisipasi berbagai kemungkinan kecelakaan lainnya seperti pada jalur lalu lintas yang pada tahun ini justru cendrung meningkat.

Dari catatan kepolisian lalu lintas Kota Dumai, kecelakaan di jalanan yang terjadi pada tahun ini meningkat sekitar 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya dengan angka yang mencapai 78 kasus dan kerugian ratusan juta rupiah.