RKB Pekanbaru paparkan keberhasilan di hadapan siswa SMN Yogyakarta

id Smn,SMN Riau, SMN Riau 2019

23 siswa SMA, SMK dan SLB serta tujuh pembimbing SMN asal Yogyakarta, melakukan kunjungan ke Rumah Kreatif BUMN (BUMN) Pekanbaru, Kamis (15/8) (Foto Antaranews/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Memasuki hari ketiga kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Pekanbaru, Kamis, kali ini 23 siswa SMA,SMKdan SLBserta tujuh pembimbing asal Yogyakarta, melakukankunjungan ke Rumah Kreatif BUMN (RKB) Pekanbaru, besutan PT Pertamina di Jl HR Soebrantas.

"Riau RKB kini sudah menampung 423 Usaha Kecil Mikro setempat untuk mendapatkan fasilitas guna meningkatkan usahanya," kata Supervisor RKB Pekanbaru, Teresia Mari Rizky kepada anak-anak peserta SMN serta guru pembimbing asal Yogyakarta di Pekanbaru.

Teresia menjelaskan RKB berdiri Juni 2017 lalu, keberadaan RKB ini semakin dirasakan manfaatnya oleh para UKM yang bernaung di wadah bentukan PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I Pertamina tersebut.

"Mulanya anggota RKB sedikit, saya masih tugas sendiri untuk melayani UKM yang datang ke kantor ini, tak jarang saya melakukan kunjungan ke pelaku-pelaku usaha kecil agar mereka mau gabung," ujar Tere bercerita awal mula pendirian.

Namun berkat kegigihannya masuki tahun ke-3 kini anggota RKB Pekanbaru sudah 423, yang terdiri dari beragam makanan, kerajinan dan fashion.

Teresia menjelaskan RKB Pekanbaru bagi UKM menjadi wadah untuk maju, karena di sini mereka bisa mendapatkan solusi mengatasi semua masalah yang dihadapinya dalam proses menjalankan usaha mereka. Mulai dari pemula hingga yang sudah go publik.

Di tempat itu UKM bisa mendapatkan berbagai pertolongan tergantung masalah yang dihadapi dalam berusaha. Misalkan terkait produk, mereka akan menerima pembinaan bagaimana agar hasil karyanya bisa bersaing dan memiliki pasar serta diminati konsumen.

Sementara untuk pemasaran RKB juga memberikan bantuan pemasaran, trik memasarkan, dan menciptakan tampilan menarik agar produk diminati. Sedangkan terkait modal ada kesempatan untuk mendapat pinjaman lunak.

UKM diberikan pelatihan untuk menambah ilmu dalam menciptakan produk yang dihasilkan, selain itu mereka kami bantu dalam pengurusan izin PIRT serta lainnya.

"Ada UKM yang dulunya kemasannya plastik, semenjak gabung di RKB dapat pelatihan kemasannya jadi botol," ujarnya mencontohkan.

Selain itu lanjut Teresia, bagi UKM yang belum punya pemasaran daring akan dibantu dengan menghubungkan ke Lazada.

"Di RKB ada kamera dan meja khusus untuk ruang foto produk yang disediakan sebelum dipasarkan lewat daring, ruang pamer bagi karya yang sudah jadi serta lainnya," imbuhnya.

Teresia berharap pemaparan ini akan jadi motivasi peserta SMN asal Yogyakarta.

"Harapannya adik-adik ini akan memiliki motivasi jadi wirausahawan muda," tambahnya.

Baca juga: VIDEO - Peserta SMN di Riau terpukau aksi anjing pelacak mengendus narkoba

Baca juga: VIDEO - Peserta SMN di Riau dibekali pengetahuan bahaya narkoba


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar