Sinar Mas: Tak Ada Lahan HTI Terbakar

id sinar mas, tak ada, lahan hti terbakar

Pekanbaru, 21/10(ANTARA) - Sinar Mas Forestry mengatakan hingga saat ini tak ada lahan Hutan Tanaman Industri (HTI) konsesinya yang terbakar dalam kebakaran lahan yang terjadi di Desa Sepahat dan Tanjung Leban, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis.

"Hingga saat ini tidak benar jika lahan HTI yang dikelola PT Sakato Pratama Makmur, anak usaha Sinarmas Forestry terbakar. Hingga kini tidak lokasi HTI yang terbakar," Humas Sinarmas Forestry, Nurul Huda, di Pekanbaru, Kamis.

Dikatakan dia, api yang saat ini sedang membakar kebun kemiskinan, kebodohan dan infrastruktur (K2I) yang berada di wilayah tersebut.

"Pada awalnya api sudah berjarak sekitar 100 hingga 200 meter, namun tim kita pagi tadi berhasil dipadamkan dan api mulai jauh dari lokasi HTI," kata Nurul.

Disebutkannya, pihaknya menurunkan tim Regu Pemadam Kebakaran (RPK) sebanyak 80 orang dan menurunkan satu helikopter dan melakukan pengeboman air.

"Kita tetap melakukan tugas bersama masyarakat bahu membahu hingga api padam," jelas dia.

Ia menyebutkan arah angin yang mudah berubah di daerah tersebut juga mempengaruhi sulitnya pemaadaman yang dilakukan.

Selain itu, kata dia, lahan gambut memang sulit dipadamkan.

"Kita tetap waspada dan berusaha agar api padam. Kita berharap semua pihak bahu membahu dalam memadamkan api," tutupnya.

Kebakaran lahan di daerah tersebut menghabiskan ribuan hektare kebun milik pemerintah dan masyarakat. Saat ini, sebagian daerah di Riau diselimuti asap seperti Dumai.