Pengguna ponsel di Amerika gemar belanja konten games

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,gadget

Pengguna ponsel di Amerika gemar belanja konten games

ilustrasi bermain game online (ANTARA News/Ida Nurcahyani))

Jakarta (ANTARA) - Rata-rata penggemar video game di Amerika Serikat berusia 33 tahun, gemar bermain di ponsel dan mau mengeluarkan banyak uang untuk berlangganan konten, menurut riset tahunan dari Entertainment Software Association.

Riset tersebut, dikutip dari Reuters, bertujuan melihat bagaimana rumah tangga di AS membatasi game untuk anak-anak dan bagaimana alokasi keuangan mereka untuk layanan streaming.

Baca juga: WhatsApp akan berhenti di Windows Phone, Android dan iOS versi lama

Berdasarkan riset tersebut, orang dewasa di AS menghabiskan 43,4 miliar dolar pada 2018 untuk berlangganan konten, dibandingkan belanja aksesori dan perangkat keras.

Dana tersebut digunakan untuk membeli game antara lain "Call of Duty: Black Ops III", "Read Deas Redemption II" dan "NBA 2K19". Daftar langganan konten game play-to-play tersebut tidak memuat game gratis seperti "Fortnite".

"Game memegang peranan penting dalam budaya Amerika. Itu lah yang membuat game jadi bentuk utama hiburan," kata CEO ESA, Stanley Pierre-Louis.

65 persen orang dewasa di AS, atau lebih dari 164 juta orang, bermain game. Game terpopuler di sana bertema kasual, 60 persen bermain game di ponsel. Lainnya bermain di komputer dan konsol.

46 persen dari pemain game adalah perempuan, namun, selera game mereka berbeda dengan gamer laki-laki dan beragam, bergantung pada usia.

Gamer perempuan berusia 18-34 tahun menyukai "Candy Crush", "Assassin's Creed" dan "Tomb Raider" dan paling sering bermain di ponsel. Sementara laki-laki menyukai "God of War", "Madden NFL" dan "Fortnite".

Generasi X yang berusia 40-54 tahun menyukai game yang berbeda, "Tetris", "Pac-Man", "Call of Duty", "Forza" dan "NBA 2k".

Generasi Baby Boomer laki-laki usia 55-64 menyukai "Solitaire" dan "Scrabble", sementara yang perempuan "Mahjong" dan "Monopoly".

Meski pun gemar bermain game, orang dewasa yang sudah menjadi orang tua membatasi penggunaan gawai bagi anak-anak mereka. Mereka berpegang pada rating umur untuk memindai konten untuk anak, 87 persen orang tua mewajibkan anak mereka untuk meminta izin saat ingin membeli game.

Baca juga: Oppo luncurkan lini terbaru Reno versi 5G

Baca juga: LG pindahkan pabrik ke Vietnam untuk perbaiki penjualan ponsel


Penerjemah: Natisha Andarningtyas