Pemko Pekanbaru Usulkan 300 Formasi CPNS 2018

id pemko pekanbaru, usulkan 300, formasi cpns 2018

Pemko Pekanbaru Usulkan 300 Formasi CPNS 2018

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP-SDM) setempat mengajukan usulan 300 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2018 ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB).

"Semoga semua usulan formasi tersebut dapat diterima oleh pihak Kementerian," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKP-SDM Kota Pekanbaru Masriah di Pekanbaru, Senin.

Masriah menuturkan bahwa jumlah tersebut melebihi angka PNS Pemko Pekanbaru yang akan pensiun tahun 2018. Menurutnya hal ini bertujuan agar kebutuhan ASN di lingkungan Pemko Pekanbaru nantinya akan tercukupi. Pasalnya hal ini dijelaskan Masriah baru sebatas usulan dan masih menunggu persetujuan dari pihak Menpan RB soal jumlah yang disetujui nantinya. Lebih jauh dikatakan Masriah bahwa untuk tahun 2018 diperkirakan terdapat sekitar 200an ASN yang akan pensiun.

Ia menambahkan bahwa alasan lain dari tingginya angka pengusulan tersebut juga berdasarkan pertimbangan bahwa sampai saat ini masih terdapat sejumlah OPD di Pemko Pekanbaru mengalami kekurangan pegawai. Setidaknya hal ini bahkan sudah terjadi semenjak tahun 2015 silam serta diakumulasi dengan tahun 2016 dan 2017.

"Sejumlah OPD memang telah mengajukan usulan. Oleh sebab itu Pemko segaja memberikan usulan kuota lebih banyak," imbuhnya.

Masriah menjelaskan bahwa dari 300 usulan CPNS tersebut, kuota terbanyak berada pada instansi pendidik. Setidaknya 60 persen kuota dari total keseluruhan formasi tersebut diberikan untuk tenaga pendidik. Hal ini lantaran jumlah guru yang pensiun di 2018 juga cukup banyak, selain itu masih banyak juga terdapat para tenaga pendidik yang berusia lanjut. Hal ini ditakutkan akan menyulitkan Pemko nantinya dalam hal peningkatan mutu pelajar. Pasalnya sistem dunia pendidikan yang bersifat dinamis membutuhkan tenaga pendidik yang kreatif dalam memberikan ilmu kepada para pelajar tadi.

"Dunia pendidikan terus berkembang. Metode dan cara mengajar juga terus mengalami perkembangan," ucapnya lagi.

Selanjutnya kuota CPNS tersebut akan dibagi sebanyak 30 pesen untuk tenaga kesehatan, 10 persennya lagi untuk tenaga pendukung seperti pembangunan infrastruktur. Kendati demikian ia belum bisa memastikan total keseluruhan formasi untuk CPNS nantinya. Ia berharap agar kebutuhan ASN di Pemko Pekanbaru akan terpenuhi sehingga kinerja dalam hal pelayanan kepada masyarakat akan lebih maksimal.

"Kami juga berharap agar pelayanan kepada masyarakat dapat maksimal. Salah satunya ialah dengan menambah jumlah ASN," pungkasnya.