Kemarin Duluan 15 Orang, Kemenag Berangkatkan lagi 30 Calhaj asal Pekanbaru

id kemarin duluan, 15 orang, kemenag berangkatkan, lagi 30, calhaj asal pekanbaru

Kemarin Duluan 15 Orang, Kemenag Berangkatkan lagi 30 Calhaj asal Pekanbaru

Retmon Bensal Putra

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kementerian Agama Kota Pekanbaru kembali memberangkatkan 30 Calon Haji (Calhaj) ke embarkasi Batam Provinsi Kepulauan Riau setelah sehari sebelumnya memberangkatkan 15 orang calon haji yang sakit dan berusia lanjut.

"Kemarin sudah berangkat duluan 15 orang Calhaj kita," ucap Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Pekanbaru Defizon di Pekanbaru, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa pemberangkatan Calhaj yang tergabung dalam kloter enam tersebut bersamaan dengan jamaah asal Kabupaten Kampar. Setidaknya dalam pelepasan jamaah yang dilaksanakan di halaman Masjid An-Nur Provinsi Riau tersebut pihak Kemenag tidak menemukan adanya benda terlarang dalam barang bawaan Calhaj.

Ia menambahkan sampai saat ini total Calhaj asal Kota Pekanbaru yang telah diberangkatkan mencapai 489 orang. Dengan rincian untuk pemberangkatan pertama yang tergabung dalam kloter kedua sebanyak 440 jamaah pada tanggal 18 Juli dan 45 orang pada kloter enam yang berangkat siang tadi (24/7).

"Ada dua orang yang batal berangkat untuk musim haji kali ini. Satu orang meninggal dunia dan satu orang lainnya tertunda akibat sakit," katanya.

Selain itu, untuk musim haji kali ini, terdapat lima kali pemberangkatan asal Kota Pekanbaru. Setelah dua pemberangkatan sebelumnya akan ada tiga kali pemberangkatan lagi yaitu pada 25 Juli, 3 Agustus dan 13 Agustus mendatang.

Defizon berharap agar dalam pemberangkatan tersebut seluruh kegiatan yang nantinya akan dilaksanakan oleh para Calhaj dapat berjalan lancar. Dimana para Calhaj tadi diimbau untuk sejenak melupakan urusan di tanah air dan memfokuskan pada ibadah di tanah suci.

"Fokuskan saja pada ibadah di sana. Namun jangan lupa untuk menjaga kesehatan biar ibadahnya lancar," pungkas Defizon. ***4***