Fraksi PAN Ingatkan Kembali Janji Walikota Dumai Soal Air Bersih

id fraksi, pan ingatkan, kembali janji, walikota dumai, soal air bersih

 Fraksi PAN Ingatkan Kembali Janji Walikota Dumai Soal Air Bersih

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Anggota Fraksi PAN DPRD Dumai Zainal Abidin mengingatkan wali kota dan wakilnya untuk segera mewujudkan janji pembangunan dalam kampanye lalu, karena masuk tiga tahun kepemimpinan belum ada pencapaian.

Salah satu janji politik mewujudkan penyediaan air bersih, lebih tiga tahun menjabat belum terlihat kinerja memuaskan dalam pembangunan dan peningkatan ekonomi kerakyatan.

"Masuk tahun ketiga menjabat wali kota dan wakilnya belum terlihat pembangunan mengarah ke visi misi mewujudkan masyarakat makmur sejahtera dan madani," kata Zainal, Senin.

Legislator PAN ini merasa pesimis Pemkot Dumai bisa merealisasikan program penyediaan air bersih dalam waktu cepat, mengingat belum ada progres jelang berakhir masa jabatan 2020 mendatang.

Penyediaan air bersih regional Dumai-Rokan Hilir-Bengkalis, lanjutnya, sulit diwujudkan, dan pemerintah disarankan membangun air bersih dengan pemanfaatan Sungai Masjid sebagai sumber air baku.

Dalam APBD 2018 Dumai, Fraksi PAN mengusul program dan anggaran Rp4 miliar untuk perencanaan penanggulangan rob dengan membuat waduk raksasa, sekaligus nantinya air baku untuk air bersih.

"Fraksi PAN sudah usulkan perencanaan penanggulangan banjir rob dan penyediaan air bersih dengan membangun waduk raksasa, dan ini kita anggap lebih efektif dibanding spam durolis," sebutnya.

Wakil Sekjen DPP PAN ini mendesak wali kota dan wakilnya konsentrasi bekerja dan menempatkan pejabat berkompeten di satuan kerja agar program prioritas dan visi misi pembangunan daerah tercapai.

Diketahui, untuk penyediaan air bersih dalam program SPAM Durolis, Pemkot Dumai menggandeng dua BUMN untuk membantu permodalan, dengan target pembangunan dimulai 2019 dan air mengalir 2020 depan.

Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Dumai mengatakan, pola kerja sama pemerintah dan badan usaha ini jalan keluar di tengah kondisi keuangan minim, agar SPAM Durolis tetap terlaksana untuk masyarakat.

"Kerja sama pemerintah badan usaha sudah ditunjuk dua perusahaan konsorsium untuk menyiapkan studi kelayakan dan dokumen tender pembangunan sistem penyediaan air minum durolis ini, dengan target pekerjaan fisik dimulai 2019," kata Kabid Cipta Karya PUPR Dumai, Riau Satria Alamsyah. ***4***