Dua Santri Ponpes KH Ahmad Dahlan Akan Kuliah Di Sudan

id dua santri, ponpes kh, ahmad dahlan, akan kuliah, di sudan

Pekanbaru (Antarariau.com) - Bupati Kuantan Singingi, Provinsi Riau Mursini melepas dua santri lulusan Pondok Pesantren KH Ahmad Dahlan, yakni Deno Juanda Kurnia dan Kiki Saputra, untuk menjalani kuliah di Universitas Internasional Afrika Khartoum Sudan.

"Para santri ini adalah kader terbaik Kabupaten Kuantan Singingi, juga kader Muhammadiyah serta kader Pondok Pesantren KH Ahmad Dahlan, dan berharap mereka dapat belajar keras, berprestasi serta menyelesaikan studi tepat pada waktu," kata H. Mursini, di Kuantan, Rabu.

Harapan itu disampaikannya saat melepas 2 santri berprestasi tersebut di Masjid Nurul Ilmi PP KH Ahmad Dahlan Mudir PP KH Ahmad Dahlan H. Mulkan Sarin, Lc, PDM Kabupaten Kuantan Singingi Ahdanan Saleh, S.Ag, M.Pd, serta para majlis guru dan santri.

Menurut Mursini, karena mereka membawa harum nama Kuantan Singingi untuk belajar di negara Jiran itu, maka Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi juga memberikan bantuan dana untuk keberangkatan ke Sudan.

"Bantuan sejumlah uang tersebut bisa dijadikan bekal akomodasi keberangkatan mereka dan ini sebagai bentuk dukungan penuh atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi,"katanya.

Prestasi yang sama, katanya,diharapkan pula dapat dilakukan oleh para santri lainnya.

Pimpinan PP KH Ahmad Dahlan H. Mulkan M. Sarin, mengatakan bahwa keberhasilan 2 santri untuk kuliah di Sudan ini merupakan kado terbaik bagi PP KH Ahmad Dahlan terutama pada usia pondok yang sudah memasuki 25 tahun.

"Mudah-mudahan ini adalah jawaban atas terjadinya kelangkaan ulama di kalangan Persyarikatan Muhammadiyah, serta juga jawaban atas tantangan dari masyarakat agar PP KH Ahmad Dahlan mampu menelurkan kader ulama yang akan berkiprah di Kabupaten Kuantan Singingi," kata H. Mulkan.

Universitas Internasional Afrika merupakan perguruan tinggi negeri yang terletak di Khartoum, Sudan. Universitas ini merupakan anggota Federasi Universitas-universitas Dunia Islam.

Universitas ini memiliki beberapa fakultas, antara lain Fakultas Pendidikan, Fakultas Syariah dan Studi Islam dan Fakultas Sains murni dan terapan.