KAHMI Riau Seminar Kesiapan Anak Muda dan UMKM Hadapi MEA

id kahmi riau, seminar kesiapan, anak muda, dan umkm, hadapi mea

KAHMI Riau Seminar Kesiapan Anak Muda dan UMKM Hadapi MEA

Oleh Diana Syafni

Pekanbaru, (Antara) - Pengurus Majelis Wilayah (PMW) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Provinsi Riau akan menggelar seminar yang bertemakan "Menakar Kesiapan Tenaga Muda dan Usaha Mikro Kecil Menengah dalam Masyarakat Ekonomi Asean" yang melibatkan 400 peserta di Hotel New Hollywood di Kuantan Raya, Kota Pekanbaru, Senin (30/1) mendatang.

Dalam konfrensi persnya, di Pekanbaru, Kamis, Presidium KAHMI Riau Yulisman menyebutkan, kegiatan tersebut didasari untuk melihat sejauhmana kesiapan generasi muda dan UMKM Provinsi Riau di arus persaingan global.

"Peserta yang dilibatkan dengan sasaran Organisasi Kepemudaan, Organisasi Masyarakat, mahasiswa, UMKM binaan yang sudah mandiri," ujarnya.

Sedangkan untuk pemateri seminar dihadirkan dari berbagai kalangan diantaranya ekonom yakni Perbankan, Pihak Pemprov Riau yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Riau Ahmad Hijazi, Akademisi Dahlan Tampubolon dari Universitas Riau serta Dr. Tengku Syahrul Ansari yang merupakan Pimpinan Majelis Nasional Kahmi Jakarta.

Adapun maksud dari terselengganya kegiatan seminar tersebut, sebagai peran aktif Kahmi Riau dalam memfasilitasi generasi muda yang harus melihat kondisi riil kawasan setempat saat berada dalam arus persaingan global, sehingga perlu mempertajam pengetahuan dan informasi mengenai MEA itu sendiri.

Sedangkan, tindaklanjut dari seminar ini, kata dia, tentu akan memberikan rekomendasi kepada pemerintah untuk mengukur kesiapan generasi muda dan UMKM dalam MEA, sehingga dapat menjadi masukan bagi pemerintah dalam membuat kebijakan.

Kegiatan yang menjadi agenda rutin KAHMI Riau, dimulai pada Minggu (29/1) pagi diawali jalan sehat Car Free day di Jalan Diponegoro, Sudirman.

"Melalui konfrensi pers ini kami turut mengundang KAHMI di kabupaten/kota secara resmi untuk dapat menghadari agenda rutin kita ini," sebutnya pula.