Ingin Berkunjung Ke Seoul, Siapkan Tiga Aplikasi Berikut

id ingin berkunjung ke seoul siapkan tiga aplikasi berikut

Ingin Berkunjung Ke Seoul, Siapkan Tiga Aplikasi Berikut

Jakarta (Antarariau.com)- Seoul telah menjadi ibu kota dari Negara Korea selama lebih dari 600 tahun sejak kedudukan Dinasti Joseon (1392-1910).

Berdasarkan data MasterCard Global Destination Cities Index pada 2015, kota Seoul telah menjadi pusat tujuan wisatawan dimana 80,3 persennya adalah wisatawan mancanegara.

Jumlah pengunjung dari mancanegara terus meningkat semenjak Piala Dunia Korea-Jepang pada tahun 2002, dan pada tahun 2015, Seoul menjadi peringkat sembilan untuk destinasi kota yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan asing.

Tempat tujuan yang paling populer di Seoul adalah kawasan perbelanjaan, seperti Myengdong, Pasar Dongdaemun, dan Pasar Namdaemun. Kategori tempat populer yang kedua adalah istana, seperti Gyeongbokgung dan Changgyeonggung.

Kategori tempat populer selanjutnya adalah pemandangan alam dan atraksi seperti di Namsan Seoul Tower dan Lotte World. Sementara Hongdae/Shinchon, Cheongdam, Gangnam merupakan daerah yang baru dikembangkan menjadi tempat populer untuk wisatawan.

Wisatawan asing kini tidak perlu khawatir tersesat saat berkeliling Seoul. Pasalnya, saat ini telah banyak aplikasi yang memudahkan wisatawan bertamasya keliling Soul. Bahkan, ada pula aplikasi yang ditujukan khusus untuk wisatawan Muslim mengingat jumlah wisatawan Muslim terus bertambah setiap tahunnya, menembus angka 740,000 pada 2015.

Berikut Mobile App yang memudahkan berwisata ke Seoul

1. iTourSeoul

iTourSeoul merupakan aplikasi resmi dari pemerintah kota Seoul. Aplikasi tersebut berisi daftar Top 10 tempat wisata, rekomendasi perjalanan wisata, pemesanan tiket pertunjukan dan hotel.

Tidak hanya itu, iTourSeoul juga menghadirkan informasi transportasi berdasarkan GPS dan sensor gyro sehingga dapat mengetahui restoran/ stasiun bus terdekat dari lokasi.

Aplikasi yang tersedia baik di Apple App Store maupun Google Play Store tersebut hadir dalam lima bahasa yaitu bahasa Korea, Inggris, Jepang, China dan tradisional China.

Bagi penggemar K-Drama dan K-Pop, iTourSeoul juga menawarkan program untuk mengunjungi lokasi syuting drama Korea seperti Seoul Drama Location Tours, atau mengunjungi agensi besar yang menaungi bintang hallyu seperti SMTOWN atau YG Entertainment dalam program Follow in Hallyu Stars Footsteps.

Nilai tambah untuk iTourSeoul adalah dilengkapi peta dan buku panduan dengan format PDF yang dapat diunduh oleh pengguna sehingga dapat digunakan saat offline. Tidak hanya itu, aplikasi tersebut juga menghadirkan teknologi Augmented Reality (AR) yang dapat digunakan dengan buku panduan.

Jika pengguna masih bingung, iTourSeoul juga dilengkapi email staf yang akan menjawab pertanyaan pengguna, dan juga nomor telepon (hotline).

2. Visit Korea

Visit Korea merupakan aplikasi yang disediakan resmi oleh Korea Tourism Organization. Aplikasi tersebut dibuat untuk memudahkan pengguna dari semua kalangan dalam mendapatkan berbagai informasi lengkap mengenai akomodasi dan perjalanan berwisata ke Korea.

Aplikasi tersebut juga menampilkan pilihan hotel, tempat makan, tempat berbelanja, hingga tempat untuk mengikuti kursus singkat mengetahui kebudayaan Korea.

Tidak hanya itu, Visit Korea juga menyuguhkan pilihan tempat wisata berdasarkan tema wisata yang diminati, mulai dari wisata perkotaan, wisata budaya, hingga wisata alam. Misalnya, dalam fitur Themed Travel, terdapat pilihan City Tours, Nightlife in Korea, UNESCO World Heritages dan Trekking & Hiking.

Selain berisi artikel mengenai tempat wisata, uniknya, Visit Korea juga meginformasikan tempat dengan Wi-Fi gratis di Korea. Fitur "Happy Wi-Fi" menampilkan peta kota Seoul lengkap dengan simbol Wi-Fi berwarna merah yang menunjukkan bahwa lokasi tersebut gratis Wi-Fi, misalnya di Seoul City Hall dan Cheonggye Plaza.

3. Halal Korea

Meningkatnya jumlah wisatawan Muslim membuat tidak sedikit restoran bersertifikat halal muncul di Seoul. Tidak hanya itu, tempat perbelanjaan juga menyiapkan tempat beribadah demi kenyamanan wisatawan Muslim.

Untuk menunjang kebutuhan para wisatawan muslim, telah dirilis aplikasi Halal Korea. Aplikasi tersebut memiliki sembilan fitur utama yang memudahkan wisatawan Muslim untuk tinggal di Korea.

Fitur Prayer menyediakan alarm untuk mengingatkan waktu sholat. Tidak hanya itu, fitur tersebut menampilkan informasi detail mengenai masjid atau tempat sholat di Korea. Di dalam fitur Prayer juga terdapat fitur Quran yang memudahkan pengguna membaca Quran tanpa harus membawa Al-Quran.

Selanjutnya, fitur Qibla berfungsi sebagai penunjuk arah sholat (kiblat).

Ada pula fitur Travel yang memberikan berbagai pilihan kategori antara lain Shopping, Festival, Nature, Medical dan History. Uniknya, di dalam fitur tersebut terdapat informasi mengenai berbagai dokter spesialis dalam bahasa Korea, dan juga sejumlah kalimat yang mengekspresikan keluhan penyakit dalam bahasa Korea.

Bagi mereka yang suka menggunakan peta saat berwisata, fitur Nearby akan menampilkan lokasi-lokasi wisata tersebut yang paling dekat dengan lokasi pengguna saat itu.

Fitur Restaurant menyajikan tempat makan dengan berbagai pilihan kategori yang ramah wisatawan muslim, seperti kategori Halal Certified yang memiliki sertifikat halal dari Korean Muslim Federation (KMF), Self Certified yang menghidangkan masakan halal, Muslim Friendly yang menyajikan sejumlah masakan halal namun juga menjual alkohol, Muslim Welcome yang menampilkan restoran Korea bermenu vegetarian, dan Pork Free yang menghadirkan restoran Korea tanpa menu daging babi.

Fitur unik selanjutnya adalah scan yang akan memungkinkan pengguna untuk memindai barcode dari produk makanan yang dijual di Korea. Hasil scan barcode akan menunjukkan bahan-bahan yang dihindari pengguna seperti alkohol atau pork.

Sementara fitur Business masih dalam pengembangan, fitur terakhir Community merupakan wadah bagi pengguna Halal Korea untuk berkomunikasi satu sama lain, berbagi informasi, maupun mengajukan pertanyaan yang akan dijawab oleh staf Halal Korea. Nampak salah satu pengguna menanyakan apakah sejumlah brand ramen Korea memiliki sertifikat halal.
Pewarta :
Editor: Antara
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar