Menteri Puspayoga Harapkan Adanya Sinergitas Antara UMKM Dengan Pemerintah

id menteri puspayoga, harapkan adanya, sinergitas antara, umkm dengan pemerintah

Menteri Puspayoga Harapkan Adanya Sinergitas Antara UMKM Dengan Pemerintah

Pekanbaru (Antarariau.com) - Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga meminta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) bersinergi dengan program pemerintah.

"Ada empat program pemerintah saat ini, terus digenjot. Yaitu infrastuktur, lalu pariwisata, energi dan maritim," ucapnya di Pekabaru, sebelum bertolak ke Jakarta, Rabu.

Menteri koperasi dan UKM hadir dalam rangka membuka rapat kerja nasional Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) Ke-3 selama empat hari pada Selasa (25/10) malam di Pekanbaru.

Pemerintah, kata Puspayoga, memerlukan dukungan dari semua pihak terutama dari pelaku sektor ekonomi khususnya UMKM dalam negeri, guna mensukseskan program itu.

Bila program insfrastuktur seperti saat ini mulai berjalan, maka secara otomatis akan tercipta kantong-kantong ekonomi dan begitu juga dengan UMKM.

"Kalau UKM tumbuh, tentunya industri kuliner juga akan tumbuh. Tidak bisa lepas. Ini saling bersinergi, walau saat ini ada empat item. Ada kuliner dan industri pangan lokal di dalamnya," terang dia.

Menteri berujar, pariwisata seperti di Provinsi Bali. Kini terdapat ribuan UMKM karena industri pariwisata di daerah tersebut disenangi pelancong.

"Di mana daerah pariwisatanya hidup, maka otomatis kulinernya juga hidup. Otomatis penganan lokalnya juga hidup," tuturnya.

Pemerintah saat ini terus mendorong 10 destinasi pariwisata dalam negeri terus dikembangkan, supaya diminati oleh pelancong terutama asing.

"Jika ini berhasil, kuliner kita juga terangkat. Jangan takut bersaing. Tapi harus tingkatkan kualitas kuliner-kuliner kita, tentunya," bebernya.

"Program maritim, sudah pasti. Pak Jokowi (Presiden Joko Widodo) buat tol laut, energi membuat (listrik) 35.000 Mega Watt. Ini untuk mengangkat UMKM karena suda terbukti sebagai tulang punggung Indonesia," tegas Puspayoga.

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman dalam sambutan pembukaan rakernas berharap kegiatan tersebut, bisa membawa dapak positif bagi industri kuliner di provinsi ini.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, dapat mendorong APJI Riau. Apalagi saat ini, Riau sedang menggalakkan sektor pariwisata berbasis budaya," ucap dia.

Ketua Umum APJI, Ayu Mulyadi mengucapkan terima kasih kepada Menteri Puspayoga dan pejabat terkait karena bersedia menghadiri pembukaan acara itu.

"Saya salut dengan Gubernur Riau karena selalu mendukung program yang dilaksanakan oleh APJI. Saya berharap agar program APJI ke depan, betul-betul menyentuh pelaku UMKM," ucapnya.