Bantu Tanggulangi Karlahut Dumai, Polda Riau Kirim 100 Pasukan

id bantu tanggulangi, karlahut dumai, polda riau, kirim 100 pasukan

Bantu Tanggulangi Karlahut Dumai, Polda Riau Kirim 100 Pasukan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kepolisian Daerah Riau mengirimkan Bantuan Kendali Operasi (BKO) sebanyak 100 personil Brigade Mobil ke Kota Dumai guna membantu menanggulangi kebakaran lahan dan hutan.

"Seluruh personil direncanakan tiba hari ini di Kota Dumai untuk memperkuat personil yang bertugas melakukan pemadaman kebakaran," kata Kepala Bidang Hubungan Masyaraka Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo kepada Antara di Pekanbaru, Senin.

Ia mengatakan seluruh personil yang dilengkapi dengan sembilan unit mesin "portable" pemadam kebakaran tersebut akan berada di Kota Dumai selama diperlukan.

Menurutnya langkah tersebut diambil untuk mencegah meluasnya kebakaran lahan di wilayah tersebut. Lebih jauh, ia menegaskan bahwa Polda Riau siap untuk kembali mengirimkan personil ke beberapa kabupaten di wilayah Utara Riau yang membutuhkan.

"Jika memang perlu "back up" di Bengkalis atau Rokan Hilir, Polda Riau siap untuk kembali mengirim personil," tegasnya.

Polda Riau merilis ratusan hektar lahan dan hutan di sejumlah wilayah di Riau bagian utara terbakar sepanjang awal 2016 ini. "Rokan Hilir tercatat sebagai wilayah dengan luasan lahan kebakaran yang terbesar mencapai 185 hektar," ujarnya.

Selain Rokan Hilir, daerah dengan jumlah lahan dalam kondisi terbakar cukup luas yakni Meranti yang mencapai 105 hektar dan Bengkalis 52 hektar. Sementara di Dumai, luas lahan yang terbakar berkisar 18 hektar namun jumlah tersangka yang diamankan mencapai 11 orang.