Hujan Deras Padamkan Titik Api Bukit Batu

id hujan deras, padamkan titik, api bukit batu

Hujan Deras Padamkan Titik Api Bukit Batu

Bengkalis, (Antarariau.com) - Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau dan sekitarnya sejak Sabtu (7/3) malam telah berhasil memadamkan sejumlah titik api kebakaran di wilayah tersebut.

"Walau ada sebagian yang belum padam total, namun hujan yang terjadi cukup membantu petugas pemadam kebakaran di wilayah itu," kata Kapolsek Bukit Batu Kompol Sasli Rais, saat dikonfirmasi, Selasa.

Menurut Sasli Rais, kondisi kebakaran di kecamatan Bukit Batu sebagian telah padam dan yang terlihat hanya kepulan asap sisa kebakaran itu.

Katanya kebakaran di tanah gambut tidak mudah dipadamkan, meskipun kelihatannya sudah padam namun sebenarnya api tersebut telah masuk ke dalam tanah dan membakar gambut yang didalamnya.

"Inilah sulitnya kalau kebakaran di lahan bergambut tebal, kelihatannya sudah padam namun api tersebut telah masuk ke dalam tanah dan membakar gambut di dalam, dan jika kondisi kembali panas, maka titik api tersebut akan kembali muncul," katanya.

Dia mengatakan saat ini titik api yang berada di Desa Dompas, Desa Bukit Sembilan dan Desa Suko Harjo sudah berhasil dipadamkan.

"Di Bukit Batu titik api sudah berhasil dipadamkan, namun kita tetap siaga, seperti di Bukit Sembilan, anggota tetap berada di sana untuk berjaga-jaga, melihat kondisi cuaca belum stabil dan curah hujan pun masih sedikit," katanya.

Oleh karena itu, Sasli Rais mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkais, untuk tidak membersihkan lahan dengan cara membakar.

"Kebakaran hutan yang marak terjadi sekarang ini begitu merugikan kita semua, karena itu masyarakat harus saling menjaga agar tidak terjadi lagi kebakaran ini," katanya.

Beberapa waktu terakhir ini di kabupaten Bengkalis dan sekitarnya diguyur hujan deras, dan masyarakat juga berharap titik api yang belum sepenuhnya padam akan berhasil dikendalikan.
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar