Puan Maharani minta pemerintah segera salurkan bantuan korban gempa Batang, Jawa Tengah

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Puan

Puan Maharani minta pemerintah segera salurkan bantuan korban gempa Batang, Jawa Tengah

Ketua DPR RI Puan Maharani. (ANTARA/Rio Feisal/aa.)

Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah untuk segera menyalurkan bantuan untuk para korban gempa di Batang, Jawa Tengah, karena tempat yang nyaman bagi para pengungsi merupakan hal yang penting.

"Atas nama pribadi dan DPR, saya menyampaikan keprihatinan dan duka mendalam atas gempa bumi yang terjadi di Batang, Jawa Tengah,' kata Puan dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Senin.

Akibat gempa tersebut, setidaknya 9 orang terluka dan 49 bangunan mengalami kerusakan. Dia meminta pemerintah untuk segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk membantu para korban gempa bumi.

"Bantuan darurat seperti makanan, air minum, dan obat-obatan harus segera disalurkan kepada para korban. Pastikan kebutuhan bagi bayi, anak-anak, lansia serta ibu hamil dan ibu menyusui juga disiapkan," ucapnya.

Menurutnya petugas gabungan yang terdiri dari BNPB, BPBD, Basarnas, TNI/Polri, Tagana, kalangan relawan dan lainnya harus memastikan semua korban telah tertangani dengan baik, jangan sampai ada korban yang tidak diketahui.

Selain itu, dia meminta pemerintah setempat menyiapkan tempat pengungsian korban gempa yang nyaman dan aman. Menurutnya tempat pengungsian juga perlu memperhatikan kebutuhan dari semua korban.

"Tempat pengungsian harus proper untuk ditempati masyarakat walaupun sifatnya sementara. Permudah pemberian bantuan kepada korban untuk setiap keperluan yang mereka butuhkan," tegasnya.

Dia pun memastikan DPR akan terus memantau perkembangan situasi dan siap membantu upaya pemulihan pasca gempa bumi dan terus mendorong Pemerintah untuk memastikan bahwa para korban mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan.

"Koordinasi dan sinergi antar-instansi dalam penanggulangan bencana masih kurang optimal sehingga harus lebih ditingkatkan. Pemerintah pusat dan daerah harus memastikan tanggung jawab penanganan gempa dilakukan dengan efektif," ujar dia.

Adapun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan gempa bumi berkekuatan 4,4 magnitudo terjadi pada Minggu siang pukul 14.35 WIB, di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, yang episentrum-nya berada di darat dengan kedalaman 6 kilometer pada jarak 5 kilometer arah timur laut Batang dan tidak berpotensi tsunami.

Baca juga: BPBD: Tak ada kerusakan akibat guncangan gempa di Pesisir Selatan Sumbar

Baca juga: Korban gempa Pasaman Barat dapat bantuan hewan kurban dari gubernur