Tanpa biaya, puluhan pelaku UMKM di Pekanbaru ramaikan bazar di mall

id Bazar UMKM Pekanbaru

Tanpa biaya, puluhan pelaku UMKM di Pekanbaru ramaikan bazar di mall

Salah satu gerai UMKM di Mal Pekanbaru Xchange. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak sekitar 50 pelaku UMKM yang tergabung dalam Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Riau menggelar bazar di Mal Pekanbaru Xchange, Jalan Riau, Pekanbaru.

Salah satu produk yang dipasarkan adalah minuman khas Riau Air Mata Pengantin milik Mak Cik Yani yang menyabet rekor MURI pada 2019 lalu.

Ketua SPSI Riau Nursal Tanjung saat ditemui, Selasa, menjelaskan bazar ini akan digelar selama satu bulan lamanya.

Tak hanya yang tergabung dalam SPSI, Nursal juga mengajak pelaku UMKM lain untuk mengikuti bazar ini.

"Pelaku UMKM bisa memasarkan produknya di sini. Tanpa dipungut biaya apapun, baik itu tempat maupun kebersihan," terangnya kepada awak media.

Selain itu, dikatakannya kegiatan ini akan dimeriahkan denganpagelaran seni dan pameran produk dari berbagai perusahaan.

"Kami difalisitasi tempat oleh menajemen mal Pekanbaru Exchange selama satu bulan. Silahkan pelaku dan peserta yang ingin meramaikan dipersilahkan," lanjutnya.

Dia menjelaskan, rencananya Bazar UMKM ini akan dibuka pada 10 Juni 2024 mendatang oleh Pj Gubernur Riau SF Hariyanto.

"Masyarakat juga silahkan berkunjung memeriahkan kegiatan bazar UMKM SPSI Provinsi Riau. Ada kegiatan cosplay, kesenian seni budaya dan perlombaan. Kita harapkan ini juga menjadi daya tarik bagi pengunjung dan tempat berkreatifitas bagi semua pelaku UMKM," ucap Nursal.

Nursal Tanjung berharap apa yang dilakukan oleh SPSI Riau dalam Bazar UMKM ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Selain itu Bazar UMKM ini juga menjadi ajang promosi produk dan sebagai sarana pembelajaran bagi masyarakat yang ingin mengetahui tata cara pembuatan produk tersebut.

"Selama satu bulan siapa saja boleh ikut dalam kegiatan bazar ini. Dan saya mengimbau masyarakat agar dapat meramaikan Bazar UMKM ini. Bagi kalangan yang ingin mengekspresikan dirinya kita punya tempat selama satu bulan disini," pungkasnya.