BI Riau buka penukaran uang pecahan sambut lebaran

id bi, uang, ramadan,idulfitri

BI Riau buka penukaran uang pecahan sambut lebaran

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Panji Achmad berjama pimpinan bank di Pekanbaru kick off Serambi KPW BI Riau di Pekanbaru. (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Bank Indonesia (Bl) Riau membuka penukaran uang pecahan rupiah di semua kantor bank yang ada di wilayah setempat dalam rangka menyambut Idul Fitri 2024.

BI telah menyediakan uang sebanyak Rp6,031 triliun untuk kebutuhan Ramadhan dan Idulfitri 2024 di Riau.

"Jangan kuatir kami memastikan kebutuhan uang kartal bagi masyarakat, baik secara jumlah maupun pecahan di Ramadhan dan Idul Fitri terpenuhi," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Panji Achmad usai acara kick off serambi KPW BI Riau di Pekanbaru, Rabu.

Panji menjelaskan permintaan uang karta di Riau alami peningkatan pada periode Ramadhan dan Idul Fitri 2024 sebesar 13,8 persen.

"Tahun lalu kebutuhan uang untuk Ramadhan dan Idul Fitri di Riau Rp5,3 triliun, tahun ini naik menjadi Rp6,031 triliun," katanya.

Hal ini sesuai dengan kebutuhan uang kebutuhan uang secara nasional diperkirakan meningkat menjadi sebesar Rp 197,6 triliun, naik 4,65 persen (yoy) dibandingkan realisasi tahun 2023 sebesar Rp188,8 triliun.

Dalam rangka memastikan kebutuhan uang di Ramadan dan Idul Fitri, Bank Indonesia secara nasional menjalankan sebuah rangkaian kegiatan yang disebut dengan SERAMBI 2024 (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah ldulFitri tahun 2024) dengan tema 'Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah'.SERAMBI 2024 ini dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mencapai tiga hal yakni

1. Pemenuhan Kebutuhan Uang: Kecukupan kebutuhan uang untuk masyarakat melalui perbankan dengan jumlah yang cukup, pecahan yang sesuai,dan dalam kondisi yang layak edar.

2. Terlaksananya Layanan Kas:Pelaksanaan Layanan Penukaran Uang bagi masyarakat berupa Kas Keliling, Penukaran Bersama Bank Indonesia dan Perbankan dan Pelayanan Penukaran Uang di kantor -kantor perbankan.

3. Edukasi dan Komunikasi: Kegiatan berupa Edukasi untuk meningkatkan awareness masyarakat terkait dengan Cinta, Bangga dan Paham Rupiah dan QRIS selama bulan Ramadan.