12 desa di Singingi Hilir berstatus mandiri

id Teluk Kuantan,Kuantan Singingi

12 desa di Singingi Hilir berstatus mandiri

Bupati Kuansing Menghadiri Musrenbang 2024 di Singingi Hilir. (ANTARA/Asri)

Teluk Kuantan (ANTARA) - Bupati Kuantan Singingi Suhardiman Amby mengapresiasi atas kinerja semua pihak yang telah mengantarkan 12 desa berstatus mandiri dan satu di antaranya berstatus maju di Singingi Hilir hingga awal 2024.

"Kesuksesan itu, tidak terlepas dari komitmen bersama untuk meraihnya. Oleh sebaik itu, harus dapat dipertahankan dan ditingkatkan," katanya di Teluk Kuantan, Senin.

Kemandirian dan kemajuan desa di Singingi Hilir dinilai akan berdampak positif bagi masyarakat.

Jika jumlah desa mandiri dan maju bertambah pada 2024, maka ekonomi masyarakat akan semakin baik.

Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) perdana di Singingi Hilir pada Senin (15/1) pagi, Suhardiman Amby meminta pemerintahan kecamatan dan desa untuk mencatat program yang terlihat belum selesai.

Hasilnya, disampaikan dan segera ditindaklanjuti dan akan diselesaikan dua bulan mendatang.

"Sedangkan, Musrenbang RKPD 2024 prioritas aspirasi masyarakat," sebutnya.

Ini sesuai dengan tema pada Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran (TA) 2024, yakni "Memantapkan Kemandirian Ekonomi, dan Pelayanan Publik yang Prima".

Gerak cepat seluruh Kepala Desa (Kades) untuk mencatat dan melaporkan kepada camat, pembangunan yang mendesak, agar tercatat dalam pembangunan untuk 2024-2025 mendatang.

Jemput aspirasi, Bupati Suhardiman menggelar dialog interaktif bersama stakeholder terkait dan meminta semua fokus pergerakan perekonomian di Singingi Hilir terutama pertanian salah satunya kebun sawit.

Pada kesempatan itu, Camat Singingi Hilir Nasrul menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten terutama Bupati Kuansing, atas suksesnya sejumlah program prioritas 2023.

"Ada 12 Desa di Singingi Hilir, akibat realisasi pembangunan yang termaktub pada RKPD 2023 lalu seperti pengaspalan jalan dan jalur dua serta pendidikan, mengalami peningkatan," ujarnya.

Saat ini sudah ada 1 Desa berstatus maju, dan 11 Desa sudah mandiri. Sedangkan pada bidang ekonomi ada 19 KUD tersebar 12 Desa, yang bermitra dengan perusahaan di Singingi Hilir.

Dan, menjadi prioritas 2024 adalah bidang pendidikan, ekonomi Sumber Daya Manusia (SDM) dan infrastruktur, kesehatan, penambahan bidan desa.

Selanjutnya di bidang peternakan, rumah layak huni dan pengadaan tiang listrik.