20 kontainer berisikan surat suara tiba di Perawang

id Logistik pemilu

20 kontainer berisikan surat suara tiba di Perawang

Aparat kepolisian yang mengamankan 20 kontainer berisikan surat suara yang tiba di Pelabuhan Pelindo Perawang. (ANTARA/dok)

Siak (ANTARA) - Sebanyak 20 kontainer logistik pemilu yang berisikan surat suara untuk Provinsi Riau tiba di Pelabuhan Pelindo Perawang, Kabupaten Siak, Jumat.

Puluhan kontainer logistik itu dibawa menggunakan MV Meratus Karimata. Selanjutnya, logistik pemilu tersebut akan didistribusikan ke sejumlah KPUD kabupaten/kota di Bumi Lancang Kuning.

"Hari ini pengangkutan pertama untuk logistik pemilu di Provinsi Riau. Ada 20 kontainer kurang lebih," terang Karo Ops Polda Riau Kombes Pol Ronny Lumban Gaol.

Sesampai di pelabuhan, puluhan kontainer itu diturunkan dan ditempatkan di depo milik PT Pelindo kemudian dilakukan penyortiran sebelum didistribusikan ke beberapa KPUD kabupaten dan kota di Riau.

"Kemungkinan besok pagi sesuai jadwal, KPU provinsi akan melepas kontainer-kontainer ini ke KPUD kota maupun kabupaten," lanjutnya.

Dikatakannya, surat suara yang tiba hari ini belum untuk semua daerah. Nantinya akan ada pengiriman tahap kedua yang diperkirakan berjumlah 19 kontainer.

"Untuk tahap keduanya nanti sekitar 19 kontainer. Tapi nanti kita coba komunikasi lagi, kira-kira setelah tahap pertama menuju tahap kedua itu membutuhkan berapa hari dari sekarang," tutur Ronny.

Kedatangan surat suara dikawal ketat ratusan personel yang terdiri dari anggota Satbrimob, Ditintelkam, Polres maupun Polsek Tualang.

"Pengamanan hari ini yang kita libatkan ada sekitar 150 orang. Hampir semuanya dari Brimob. Juga ada dari Polres, Polsek, Lalu Lintas. Ada dari Intel juga," sebut Ronny.

Tidak hanya kedatangan, ia menegaskan proses pengawalan dan pengamanan juga dilakukan saat pendistribusian surat suara ke kabupaten/kota di Riau.

"Nanti dikawal juga. Dari Polres sudah kita tunjuk anggota-anggotanya. Dikawal oleh personel dari Polres yang memiliki KPUD yang logistiknya dikirimkan pada tahap pertama," pungkas Ronny.