Calon anggota DPRD Kampar prihatin lihat kondisi sekolah mirip kandang kambing

id Netty mindrayani, caleg kampar

Calon anggota DPRD Kampar prihatin lihat kondisi sekolah mirip kandang kambing

Netty saat melihat kondisi sekolah. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Mengenaskan! Satu bangunan yang bentuknya seperti kandang kambing digunakan untuk tiga sekolah yakni TK Mutiara Hati Rantau Kasih, SDN 12 Rantau Kasih dan SMP 3 Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar Provinsi Riau.

"Sangat mengenaskan melihat kondisi sekolah yang ada di Desa Rantau Kasih Kecamatan Kampar Kiri Hilir masih seperti kandang kambing," kata Calon Anggota DPRD Kabupaten Kampar Dapil 6 Netty Mindrayani saat dia berkunjung ke sana.

Menurutnya, kondisi itu sangat tidak layak dinikmati masyarakat, apalagi Kampar negeri tertua sebelum adanya Kabupaten Rokan Hulu dan Pelalawan. Selayaknya, tidak ada lagi sekolah yang demikian.

Sekolah yang berdiri sejak 2016 itu berstatus negeri selama dua tahun ini. Muridnya cukup banyak sekitar 250 orang. "Bagaimana nasib generasi muda bisa berkualitas jika tempat mereka menimba ilmu itu tidak layak, jauh dari harapan, apalagi mau merasakan sekolah nyaman dan aman," ujarnya.

Bayangkan saja, lanjutnya, dalam satu lokal yang sangat sempit karena di sekat menjadi dua bagian berjejal murid belajar. Satu bangku berjejer tiga sampai empat orang dengan bangku kayu yang terlihat lapuk.

Dalam satu lokal belajar itu muridnya berkisar ada yang 35 dan 45 sampai 49 orang. Bagaimana mereka bisa belajar nyaman apalagi atap seng terbuka, jika hujan tampias ke dalam sehingga mereka basah.

Ketika dimintai tanggapan pihak PT RAPP yang memiliki lahan luas di sekitar lokasi itu menyebutkan bahwa itu sekolah pemerintah maka sebaiknya mengajukan permohonan ke pemerintah.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kampar Aidil yang belum lama dilantik mengakui belum mengetahui sekolah itu.

Salah seorang guru yang mengajar di sana Rika mengatakan bahwa sekolah itu sudah diketahui oleh pemerintah namun sampai sekarang belum jelas kapan akan dibangun.