Polisi kunjungi SMAN 1 Pelalawan kampanyekan tertib lalu lintas

id Kasat lantas polres pelalawan, police goes to school

Polisi kunjungi SMAN 1 Pelalawan kampanyekan tertib lalu lintas

Kegiatan Police Goes to School di SMAN 1 Pelalawan. (ANTARA/Yusuf)

Pelalawan (ANTARA) - Dalam upaya meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang tata tertib berlalu lintas di kalangan pelajar, Satuan Lalu Lintas Polres Pelalawan melaksanakan Police Goes To School di SMA Negeri 1 Pelalawan di Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan.

Acara dipimpin Kasat Lantas Polres Pelalawan AKP Akira Ceria didampingi Ps. Kanit Kam sel Satlantas Polres Pelalawan Aipda Dedy Dermawan, belum lama ini, Police Goes To School bertujuan untuk memberikan edukasi tentang tata tertib berlalu lintas guna mengantisipasi terjadinya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas khususnya yang diakibatkan oleh pelajar.

Kepada awak media, Kasat Lantas Polres Pelalawan AKP Akira Ceria menyampaikan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengedukasi serta mengajak seluruh siswa SMA Negeri 1 Kecamatan Pangkalan Kerinci untuk bersama-sama belajar serta memahami pentingnya berbudaya tertib dalam berlalu lintas di jalan Raya terutama saat mengendarai sepeda motor.

"Kegiatan Police Goes To School di SMA Negeri 1 meliputi sosialisasi tertib berlalulintas, Program Bulan Tertib Helm 2023 dan menyampaikan imbauan kepada para guru agar dapat bekerjasama dengan para orang tua ataupun wali murid untuk melarang anaknya mengendarai sepeda motor sebelum memiliki Surat Izin Mengemudi dan memahami aturan berlalu lintas yang ada," papar AKP Akira Ceria.

Lebih lanjut disampaikan Kasat, melalui kegiatan Police Goes To School diharapkan mampu meningkatkan kesadaran seluruh pengguna roda dua khususnya kalangan pelajar, guna menekan angka terjadinya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas hingga fatalitas korban kecelakaan di jalan raya guna mewujudkan Kamseltibcar lantas serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri khususnya di wilayah hukum Polres Pelalawan.

"Sosialisasi Program Bulan Tertib Helm 2023 ini masih akan terus dilakukan hingga terbentuknya ataupun terwujudnya kesadaran masyarakat baik dalam menggunakan helm SNI ataupun kelengkapan berkendara lainnya. Hal ini merupakan bentuk kecintaan Aparat Kepolisian kepada masyarakat guna mengantisipasi kecelakaan lalu lintas hingga fatalitas korban kecelakaan di jalan raya,” kata AKP Akira Ceria.

AKP Akita Ceria yang sebelumnya menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Dumai ini juga mengatakan bahwa helm SNI merupakan komponen utama dalam menjaga keselamatan saat berkendara bagi para pengendara roda dua. Sehingga jauh ataupun dekat jarak dalam berkendara, wajib menggunakan gelm SNI untuk keamanan kepala pengendara. Serta tak lupa pula untuk melengkapi seluruh kelengkapan dan surat-surat kendaraan.

"Agar seluruh pengendara dan penumpang roda dua senantiasa menggunakan helm SNI saat berkendera dan pastikan di-klik agar aman. Begitu juga dengan kelengkapan surat kenderaan lainnya. Semoga seluruh masyarakat Kabupaten Pelalawan terhindar dari kecelakaan di jalan raya, Aamiin,” tutup AKP Akira Ceria.