Jabar pasang CCTV analitik portabel pantau volume kendaraan

id Garut, pemkab Garut, provinsi Jabar, dishub Jabar, dishub Garut

Jabar pasang CCTV analitik portabel pantau volume kendaraan

Suasana jalur utama di Kabupaten Garut, Jawa Barat. ANTARA/Feri Purnama

Garut (ANTARA) - Pemprov Jawa Barat memasang alat CCTV analitik portabel khusus untuk memantau volume kendaraan yang masuk maupun keluar di daerah perbatasan kota di Jalan Raya Kadungora, Kabupaten Garut yang difungsikan saat pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024 hingga liburan Hari Raya Idul Fitri.

"CCTV analitik portabel merupakan alat yang dipasang oleh provinsi di Kadungora untuk mencacah kendaraan," kata Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Garut Asep Jaelani di Garut, Minggu.

Ia menuturkan selama musim mudik hari raya maupun libur Natal dan Tahun Baru seringkali disiagakan pos petugas dari Dishub Garut maupun Provinsi Jabar untuk siaga menghitung volume kendaraan yang datang atau melintas ke Garut secara manual.

Sistem kerja manual hitung kendaraan bermotor itu, kata dia, nanti tidak lagi dilakukan setelah adanya pemasangan CCTV analitik portabel itu khusus di Kadungora sebagai jalan utama dari Bandung masuk wilayah perkotaan Garut.

"Sementara hanya satu dulu di Kadungora, jadi nanti tugasnya akan lebih efektif, tidak lagi menggunakan manual, tapi sudah digital," katanya.

Ia menyampaikan alat digital menghitung volume kendaraan itu diharapkan sudah mulai berfungsi pada saat pengamanan libur Natal dan Tahun Baru.