Tim Unri ikuti ajang kontes robot terbang tingkat nasional

id Unri,Unri ikuti ajang kontes robot terbang,kontes robot terbang tingkat nasional

Tim Unri ikuti ajang kontes robot terbang tingkat nasional

Tim Serindit Aero Universitas Riau (Unri) maju ke babak final lomba KRTI tingkat nasional  di Pangkalan TNI AU Pangeran M Bun Yamin, Lampung pada 22 – 27 September 2023.  Antara/HO-Humas Unri.

Pekanbaru (ANTARA) - Tim Serindit Aero Universitas Riau (Unri) maju ke babak final lomba KRTI tingkat nasional di Pangkalan TNI AU Pangeran M Bun Yamin, Lampung pada 22 – 27 September 2023.

"Setelah sukses meraih peringkat tiga pada ajang Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) Tingkat Regional I dan partisipasi tim UNRI dalam Kontes Robot Terbang ini, diharapkan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa lain untuk mengembangkan diri dan berprestasi," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNRI Dr Hermandra MA di Pekanbaru, Ahad.

Ia menyebut tim ini menunjukkan contoh nyata tentang pentingnya semangat kompetitif dan kerja keras dalam menghadapi tantangan di bidang aeronautika. Lomba ini bertema "Menuju Kemandirian Teknologi Wahana Terbang Nir Awak untuk Kehidupan Tatanan Baru Berkelanjutan".

Tim dari Unri, katanya menyebutkan akan berlaga pada divisi racing plane dan technology development dengan dosen pembimbing Ir Kaspul Anuar MT dan Dr Awaludin Martin ST MT.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni Fakultas Teknik UNRI, Prof Dr Ir Azriyenni ST M Eng menyebutkan Lomba KRTI merupakan ajang tahunan yang dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

"Ajang ini diikuti oleh 112 tim dari 42 perguruan tinggi se-Indonesia. Universitas Riau diwakili oleh Tim Serindit Aero, rutin lulus dan sampai pada tahap nasional. Pada tahun 2021," katanya.

Ia menyebutkan Tim Serindit Aero berhasil meraih Peringkat III pada Divisi Technology Development dan berlaga pada Kontes Robot Terbang Internasional di Turki pada Tahun 2022.

Pada KRTI tahun 2023i, katanya lagi ada empat divisi (kategori) utama yang teridiri dari Divisi Racing Plane, Divisi Fixed Wing, Divisi Vertical Takeoff Landing (VTOL), dan Divisi Technology Development. ***3*** T.F011