Adilah Salsabila Riau sabet juara 2 Putri Pariwisata Indonesia 2023

id Dinas Pariwisata Riau

Adilah Salsabila Riau sabet juara 2 Putri Pariwisata Indonesia 2023

Adilah Salsabila (20) asal Tembilhan Kabupaten Indragiri Hilir meraih juara 2 Putri Pariwisata Indonesia (PPI) 2023. (Antara/HO Dinas Pariwisata Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Adilah Salsabila (20) asal Tembilhan Kabupaten Indragiri Hilir meraih juara 2 Putri Pariwisata Indonesia (PPI) 2023 dari 27 finalis seluruh Indonesia yang digelar di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jakarta, pada Sabtu (16/9) malam.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat dalam keteranganpersnya diterima media Minggu mengapresiasi Adilah Salsabila layak meraih prestasi di tingkat nasional tersebut.

"Alhamdulillah, kami ucapkan tahniah kepada adinda Adilah Salsabila. Semoga prestasi ini menjadi cambuk untuk berperan sebagai duta pariwisata dan menggeliatkan promosi pariwisata Riau," kata Roni.

Roni mengatakan Dispar Riau merekomendasikan Adilah Salsabila (pemenang dara 2 Riau) untuk berkompetisi di ajang PPI 2023. Sementara, untuk pemenang Bujang Dara Riau 2023 akan dikirim ke ajang Putera Puteri Pariwisata Nusantara 2024.

Roni berharap, Adilah Salsabila mampu memberikan pemahaman pariwisata yang berpedoman pada budaya Melayu. Selain itu bisa menjadi tauladan yang baik untuk membantu mempromosikan sektor pariwisata Riau.

"Adilah Salsabila bisa membantu mempromosikan kuliner tempat wisata dan agenda wisata di Riau. InsyaaAllah pariwisata akan terus berkembang lebih baik dikenal di seluruh Nusantara dan mancanegara sehingga mampu memberikan dampak ganda terhadap peningkatan ekonomi masyarakat," kata Roni.

Sebagai 1st runnerup PPI 2023 (Miss Culinary Tourism) Adilah Salsabila anak pertama dari pasangan Muhammad Syukur dan Mimi Sumarni. Ia lahir di Tembilahan 3 Desember 2003. Berasal dari SDN 003 Tembilahan 3 Hulu, dan melanjutkan MtsN 2 Indragiri Hilir dan SMAN 1 Tembilahan Hulu.

Dila saat ini kuliah pada jurusan gizi di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Gemilang, yang juga aktif dalam kegiatan drumband.

Selain itu ia juga aktif sebagai anggota Himpunan Mahasiswa Kesehatan. Terlibat aktif pada kegiatan sosialisasi gizi, Hari Gizi nasional, dan Hari kesehatan Nasional. Dila juga Purna Paskibraka Provinsi Riau tahun 2019.