ADKI optimis Menteri Kominfo akan perluas signal kreatifitas di desa

id menkominfo

ADKI optimis Menteri Kominfo akan perluas signal kreatifitas di desa

Suasana konferensi pers ADKI. (ANTARA/dok)

Kampar (ANTARA) - Ketua Umum Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) Fikri El-Azis yakin Menteri Komunikasi Informasi RI Budi Arie Setiadiyang baru dilantik dapat memperluas pemerataan signal yang menjadi pondasi utama pengembangan desa-desa kreatif di Indonesia.

"Beliau adalah kader terbaik yang juga merupakan Ketua Dewan Pembina DPP ADKI, ratusan kepala/penggerak desa yang tergabung dalam ADKI optimis dia dapat memperluas dan mengembangkan desa-desa kreatif di Indonesia yang selama ini masih belum terjamah oleh signal-signal internet di Indonesia," kata dia, Kamis.

Fikri meyakini kreatifitas dan produktifitas UMKM dan pegiat seni di desa hari ini tidak lepas dari digitalisasi sebagai media pemasaran dan distribusi paling efektif di masa kini.

“Dari 74.961 desa di Indonesia hari ini, masih banyak sekali kami menemukan Desa- Desa yang buta signal internet. Di tangan Menkominfo Budi Arie, kami percaya keberpihakan beliau dalam mendorong kreatifitas di Desa akan sejalan dengan optimalisasi signal- signal internet hingga ke pelosok- pelosok desa di Indonesia," ucapnya dalam keterangan tertulisnya.

Fikri menambahkan bahwa di Kabupaten Kampar Provinsi Riau banyak desa-desa yang dapat dikembangkan dan memerlukan sentuhan teknologi. Sebagai contoh telah dimulai semasa Penjabat Bupati Kampar Kamsol beberapa waktu lalu di Kecamatan Kampar Kiri Hulu.

Senada dengan Fikri, Manager Inkubator Bisnis Teknologi Universitas Negeri Andalas, Sumatera Barat, Indah Permata Suryanijuga optimis Penunjukan Menkominfo Budi Arie Setiadi akan menambah semangat baru di Dunia Digital Entrepreneurship. Kiprah Budi Arie Setiadi dalam membangun desa- desa kreatif di Sumatera Barat menjadi pemantik bagi desa- desa lain untuk memacu produktivitas desa, khususnya dalam pengembangan Digital Entrepreneurship.

“Begitu banyak PR yang harus dikerjakan Menkominfo hari ini, Dari Sumatera Barat kami optimis, ditunjuknya Menkominfo Budi Arie Setiadi oleh Presiden akan menjadi Semangat Baru Digital Entrepreneurship khususnya dari Dunia Pendidikan dan Dunia Usaha Kecil Menengah,' kata Magister dari International Accounting and Finance University of Birmingham United Kingdom tersebut.