Pertamina memastikan distribusi dan stok BBM di Sumbar tercukupi

id Berita hari ini,beritariau terbaru, berita riau antara, pertamina

Pertamina memastikan distribusi dan stok BBM di Sumbar tercukupi

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Susanto August Satria. (ANTARA/HO-Pertamina)

Padang (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut memastikan distribusi dan stok bahan bakar minyak (BBM), LPG, dan avtur untuk Sumatera Barat (Sumbar) selama masa Ramadhan dan Idul Fitri 2023 tercukupi dan aman.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Susanto August Satria, di Padang, Senin, mengatakan pihaknya terus memastikan dan melakukan monitoring secara rutin agar pasokan serta distribusi BBM, LPG, dan avtur selama bulan Ramadhan dalam kondisi aman dan tercukupi.

Ia menambahkan, setelah sebelumnya dilakukan di Provinsi Aceh, dalam waktu dekat tim manajemen Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut akan melaksanakan Management Walkthrough (MWT) untuk memastikan pelaksanaan tata kelola distribusi energi di Sumbar berjalan baik juga, guna mendapatkan masukan-masukan dari pemangku kebijakan Pertamina.

"Selain memastikan dan memonitor stok secara rutin, kami pun turut memastikan ke lapangan melakukan pemantauan secara langsung terhadap sarana fasilitas operasi kami, hal ini tentu bertujuan agar segala aspek keamanan atau Health, Safety, Security and Environment (HSSE ) dan keandalan sarana dan fasilitasnya dapat terus berjalan dengan optimal," katanya pula.

Ia menambahkan di Provinsi Sumbar, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut memiliki Integrated Terminal (IT) Teluk Kabung yang memasok kebutuhan BBM dan LPG, serta Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Minangkabau.

Dia menyebutkan memasuki masa satgas Ramadhan Idul Fitri 2023, pihaknya memastikan sarana dan fasilitas penerimaan, penimbunan, dan penyaluran di Sumbar, baik di IT Teluk Kabung, DPPU Minangkabau, dan lembaga penyalur serta subpenyalur dalam kondisi baik dan siap melayani masyarakat Sumbar.

Berdasarkan update 31 Maret 2023, ketahanan stok BBM, LPG, dan avtur dapat disampaikan sangat aman. Produk gasoline memiliki ketahanan stok di atas 15 hari, produk gasoil di atas 20 hari, LPG di atas 5 hari, dan avtur di atas 150 hari.

Menurut dia, kondisi stok saat ini akan dijalankan atau disuplai secara berkesinambungan dan proses supply terus berjalan, stok terus berjalan baik yang saat ini berada di kapal tanker atau kilang Pertamina.

Ia mengajak masyarakat tidak perlu khawatir, mengingat Pertamina selalu senantiasa memastikan distribusi energi berjalan dengan lancar dan aman, tetap gunakan BBM yang berkualitas sesuai dengan spesifikasi kendaraan.

"Bagi yang berhak menggunakan subsidi, kami menyarankan masyarakat untuk dapat mendaftarkan kendaraan melalui program Subsidi Tepat. Hal ini dilakukan agar tingkat kecurangan dan penyalahgunaan BBM subsidi dapat berkurang," kata dia pula.

Baca juga: Pertamina Dumai lakukan proses pemulihan usai kebakaran

Baca juga: Polda Riau usut kebakaran di Kilang Pertamina Dumai