PT KPI RU Dumai kumpulkan 185,9 kg jelantah di Hari Peduli Sampah

id PT KPI, RU Dumai ,kumpulkan ,185,9 kg ,minyak ,dihari, peduli ,sampah

PT KPI RU Dumai kumpulkan 185,9 kg jelantah di Hari Peduli Sampah

PT KPI RU Dumai berhasil menjaring 36 donatur jelantah dengan perolehan jelantah sebanyak 185,9 kg , Rabu (22/2/2023).ANTARA/RU II. (Humas)

Pekanbaru (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai berhasil kumpulkan 185,9 kg minyak jelantah di hari peduli sampah.

Program ini dalam rangka turut aktif mengajak masyarakat, lebih peduli terhadap pengolahan limbah dan kebersihan lingkungan.

"Lewat memanfaatkan momen tersebut, PT KPI RU Dumai berhasil menjaring 36 donatur jelantah dengan perolehan jelantah sebanyak 185,9 kg," kataGeneral Manager PT KPI RU II, Didik Subagyo di Pekanbaru, Rabu.

Ia mengatakan, minyak jelantah yang berhasil terkumpul tersebut nantinya akan disalurkan kepada Yayasan Cinta Umat untuk dijual, dan hasilnya dipergunakan untuk kegiatan sosial-kemanusiaan.

"Kampanye ini bertujuan untuk membiasakan masyarakat mulai mengumpulkan jelantah, alih-alih membuangnya di sembarang tempat, sehingga dapat mengurangi pencemaran lingkungan," katanya.

Sedekah Jelantah sendiri merupakan salah satu Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang bertujuan untuk mencapai indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) ke-12, yaitu konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab dengan membiasakan masyarakat untuk mengumpulkan minyak jelantah.

"Jika minyak jelantah tidak dikelola dengan baik, hanya akan menimbulkan pencemaran air, tanah, hingga penyumbatan saluran pembuangan," ujarnya.

Kepala DLH Kota DumaiDameria, SKM, M.Si, mengapresiasi upaya PT KPI RU Dumai, hadirkan stand pengumpulan minyak jelantah serta dukungan lain.

Selain penukaran jelantah, PT KPI RU Dumai ada enam program lainnya, substitusi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) menjadi Tumblr, penerapan korespondensi elektronik, penyediaan tempat makan terpadu, pemanfaatan besi bekas untuk rak sepatu dan gantungan helm, pemanfaatan palet kayu bekas untuk fasilitas pembibitan di Patra Seroja Eco Park, serta pemanfaatan besi bekas sebagai alat untuk menggulung selang air.

“Semoga, melalui kampanye dan semua program-program tersebut, PT KPI RU Dumai bersama stakeholder dan masyarakat dapat terus menjaga serta merawat lingkungan. Dimulai dari lingkungan tempat tinggal kita sendiri, kemudian menjadi budaya dan nilai tambah bagi diri kita masing-masing,” pungkas Didik Subagyo.

Di luar dari acara tersebut, masyarakat Kota Dumai tetap bisa mendonasikan jelantahnya dengan mengunjungi Rumah BUMN Kota Dumai. Setiap 1 kg jelantah yang disedekahkan dapat ditukar dengan satu kupon doorprize yang akan diundi pada akhir periode pengumpulan, yakni di bulan Desember 2023.