Dramatis, Lewandowski bantu Barcelona menang 1-0 atas Valencia

id Barcelona,Valencia,Robert Lewandowski,Liga Spanyol.,LaLiga

Dramatis, Lewandowski bantu Barcelona menang 1-0 atas Valencia

Penyerang Barcelona Robert Lewandowski (kanan) melakukan selebrasi dengan Gavi usai mencetak gol dalam pertandingan Liga Spanyol lawan Valencia di Stadio Mestalla pada 30 Oktober 2022. (ANTARA/AFP/JOSE JORDAN)

Jakarta (ANTARA) - BarcelonaFC menang dramatis 1-0 atas Valencia dalam lanjutan Liga Spanyol di Stadion Mestalla, Valencia pada Minggu dini hari WIB.

Barca harus menunggu sampai injury time untuk mencetak gol kemenangan lewat Robert Lewandowski.

Berdasarkan laman resmi LaLiga, Barcelona kini menempati puncak klasemen sementara dengan perolehan 31 poin dari 12 pertandingan. Mereka memiliki poin sama dengan Madrid, yang baru akan bertanding melawan Girona nanti malam. Sementara itu Valencia duduk di posisi 10 dengan perolehan 15 poin.

Barca tampil dominan sejak awal pertandingan, tetapi kesulitan untuk menciptakan peluang di area pertahanan lawan dan membuang beberapa peluang emasnya.

Gawang Barcelona terancam saat laga masih berjalan semenit. Sapuan Jules Kounde jatuh ke jalur Edinson Cavani kemudian diteruskan kepada Samuel Lino yang melepaskan tembakan mendatar dari tiang dekat, meski bisa ditangkap Marc-Andre ter Stegen.

Giliran Valencia membuat kesalahan. Giorgi Mamardhasvili melakukan operan buruk yang bisa dikuasai Pedri. Frenkie de Jong lantas mengoper kepada Ansu Fati, tetapi Valencia bisa mengamankan bola dari kaki Fati.

Mamardhasvili membuat penyelamatan bagus. Operan Pedri membebaskan Ansu Fati di kotak penalti. Namun, Mamardhasvili berhasil menangkap sepakan Fati setelah keluar dari sarangnya guna menutup ruang tembak lawan.

Pada menit ke-23, Barcelona mencetak gol melalui Ansu Fati. Robert Lewandowski meneruskan operan Pedri kepada Ansu Fati yang menuntaskannya dengan sepakan mendatar ke gawang Valencia. Sayangnya, gol itu mesti dianulir karena Ansu Fati lebih dulu berdiri di posisi offside.

Barcelona menyia-nyiakan sebuah peluang emas. Umpan panjang Ter Stegen kepada Ansu Fati diteruskan dengan umpan silang ke tengah lapangan. Lewandowski gagal melakukan sontekan usai pemain belakang Valencia bisa melakukan intersepsi sehingga hanya menjadi tendangan penjuru.

Jelang turun minum, serangan Barcelona masih gagal. Umpan silang Jordi Alba menemui Lewandowski yang menyambut bola dengan tandukan yang di luar jangkauan Mamardhasvili. Akan tetapi, bola masih belum masuk ke gawang karena membentur tiang. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama selesai.

Valencia membobol gawang Barcelona di awal babak kedua. Umpan silang Thierry Correia diselesaikan Samuel Lino dengan sontekan, tetapi gol itu dianulir karena umpan silang itu mengenai tangan Marcos Andre lebih dulu sebelum mencapai Lino.

Sebuah peluang emas dilewatkan Barcelona pada menit ke-85. Raphinha mengirim umpan lambung ke kotak penalti. Ferran Torres dikawal ketat lawan sehingga penyelesaiannya kurang baik, Raphinha menyambut bola rebound dengan sepakan yang hanya melambung.

Barcelona akhirnya memecah kebuntuan sekaligus memastikan kemenangannya di masa injury time. Umpan lambung Raphinha ke tengah kotak penalti disambut Lewandowski dengan sontekan dari depan gawang.

Gol itu sekaligus menutup pertandingan yang dimenangkan Barcelona dengan skor 1-0.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gol dramatis Lewandowski bantu Barcelona menang 1-0 atas Valencia