Menikmati Puti Island yang asyik nan tenang

id Wisata

Menikmati Puti Island yang asyik nan tenang

Kolam renang di Puti Island. (ANTARA/dok)

Bangkinang Kota (ANTARA) - Sebuah obyek wisata yang ada di Desa Pulau Gadang, Kecamatan 13 Koto Kampar, Kabupaten Kampar, adalahPuti Islandyang kini mulai banyak dikunjungi.

Di tepian bukit seluas sekitar 5 hektar itu dari kejauhan terlihat pemandangan indah dan asyik. Jika ingin menuju ke obyek milik Nana Dianaini, para wisatawan bisa melalui wisata Tepian Mahligai dengan menaiki sampan menelusuri sungai bekas kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) KotoKampar.

Berbagai wahana tersedia di sana, selain ada homestay ada juga kolam renang dan permainan flyingfox serta lokasi tempat berkemah.

Tempat ini banyak dikunjungi wisatawan dalam dan luar daerah Kabupaten Kampar pada Sabtu dan Minggu serta hari libur lainnya.

Untuk masuk ke sana tidak perlu biaya mahal. Saat menyeberangi hanya membutuhkan ongkos transportasi air dari gerbang wisata Tepian Mahligai dikenakan Rp200 ribu, biaya masuk lokasi per orang dewasa Rp10 ribu dan anak-anak Rp5 ribu.

Bagi yang ingin mandi di kolam renang dengan sumber mata air dari bukit besar. Per orang dewasa Rp20 ribu dan anak-anak Rp10 ribu dengan mandi sepuasnya.

Wisatawan yang berminat bermalam di bawah tenda dikenakan Rp50 ribu dengan tenda disediakan di lokasi, namun bagi yang membawa sendiri tendanya hanya Rp30 ribu sehari semalam.

Permainan flying fox Rp30 ribu per orang dengan jalur dari bukit utama ke bukit di sebelahnya. Untuk menuju ke bukit sebelah ini juga bisa melalui jembatan apung sepanjang 150 meter.

Selain itu, disediakan juga home stay dengan beberapa ukuran atau sesuai dengan kapasitas dan harga bervariasi sesuai paket.

Paket menginap Rp600 ribu per malam maksimal 5 orang 1 kamar. Biaya ini sudah termasuk transportasi sampan, tiket masuk, parkir dermaga dan fasilitas lainnya. Selain itu ada pilihan harga lainnya yang bisa disesuaikan dengan kantong masing-masing.

Datuk Rajo Penghulu Kenegerian Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Masnur saat berkunjungmenyampaikan beberapa tanggapannya tentang destinasi wisata di kampung halamannya itu.

Menurut mantan anggota DPRD Kampar dan Riau empat periode ini, semua objek wisata yang ada perlu keseriusan dan perhatian pemerintah dalam memberikan perhatian, pembinaan dan bantuan agar dapat dikembangkan dengan baik.

Salah satunya membuka akses jalan yang dapat mempermudah dan menarik pengunjung menuju ke lokasi itu.

Ia menyebutkan begitu banyak potensi wisata di Kabupaten Kampar yang dapat dikembangkan untuk mengangkat nama daerah terkenal dunia.

"Bagaimana wisata Kampar ini bisa mendunia, UMKM juga bisa mendunia sepadan dengan program pemerintah pusat sehingga dapat membangkitkan perekonomian masyarakat dan daerah," ujarnya.